Saturday, May 13, 2017

Dapatkan Pelanggan Sesuai Target Produkmu dengan Iklan Softselling yang Mengena


Sekarang merupakan jaman dimana pemegang kendali adalah masyarakat urban yang sebagian besar merupakan generasi Y. Generasi Y merupakan generasi yang mobilisasinya cepat dan menggali segala informasi melalui media sosial atau internet. Informasi mengenai segala macam hal mulai dari barang unik, lucu maupun hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya seperti mencari kosan murah misalnya.

Nah lantas semakin tinggi pengetahuan masyarakat mengenai suatu produk. Apa saja sih hal yang mendorong masyarakat untuk membeli suatu produk? Check it out!


Brand

Keinginan seseorang untuk membeli suatu produk pasti yang pertama adalah branding. Bagaimana seseorang melihat nilai dari produk tersebut. Kalau aku pakai brand ini pasti aku jadi gaul atau aku dinilai mengikuti mode terkini nih. Pikiran tersebut sering kali ada dipikiran masyarakat terlebih generasi Y. Jadi masa kini bukan lagi seseorang membeli produk karena produk tersebut murah atau bagaimana tetapi lebih ke pendapat orang lain mengenai suatu produk tersebut.

Sosial media

Darimana seseorang dapat mengetahui brand apa yang sedang diminati atau brand apa yang sedang naik daun? Jawabannya cukup simple yaitu dari instagram paling utama dan menyusul akun media sosial lainnya. Instagram merupakan wadah paling efektif dalam mempromosikan produk, membuat orang menjadi ingin memiliki dan yang lainnya. Instagram menjadi lebih menarik dengan segala macam feature terbarunya seperti mengupload beberapa foto dalam satu waktu yang membuat pembeli dapat dengan mudah melihat detail dari suatu produk.

Influencer

Pernah tidak kamu terpikirkan untuk ingin menjadi seseorang yang kamu idolakan atau menjadi seseorang yang menarik dimatamu? Nah anak generasi Y atau anak masa kini ini sangat mudah untuk dipengaruhi. Pernah ada cerita dari teman saya pemilik salah satu online shop di surabaya yang mencoba untuk menjadikan selebgram sebagai media endorsementnya. Lalu apa yang terjadi? Ratusan chat masuk hanya untuk mengorder barang yang digunakan oleh selebgram tersebut. Pembeli dengan gamblang menyatakan “saya ingin barang seperti yang dipakai oleh mbak tersebut” atau “barang yang dipakai mbak tersebut masih ada atau tidak ya?” Serta kalimat-kalimat lain yang menyatakan ketertarikan akan suatu produk karena dipromosikan oleh sang selebgram. Nah dari tingginya ketertarikan konsumen karena endorsement tersebut, omzet teman saya naik drastis hingga dia merasa kewalahan.

Lalu bagaimana sih tips yang paling efektif untuk memilih target bintang endorsement?

Follower aktif

Hal pertama yang harus kamu screening adalah pastikan bahwa selebgram atau beauty blogger yang kamu pilih memiliki followers dan subscribers aktif. Yang dimaksudkan aktif adalah bahwa mereka benar-benar memiliki real followers dan subscribers. Tahu kan kalau banyak sekali bot yang diciptakan untuk menaikkan followers dan yang lainnya. Jadi pastikan yaa kalau objek endorsementmu tersebut berpotensial untuk usahamu.

Fee endorsement

Fee endorsement yang kamu pilih harus yang benar* berpotensial untuk usahamu. Pikirkanlah feenya sesuai budget dan kalau bisa dapat balik modal. Biaya yang dikeluarkan harus lebih sedikit dari pada uang yang masuk. Dengan begitu tujuan endorsementmu berhasil.

Ikuti trend

Sebagai pelaku bisnis ikutilah trend yang sedang ada menjadi trending topic. Kamu dapat mengakses informasi melalui media online dan cetak. Pastikan kamu selalu mengupgrade trend yang ada bahkan kalau bisa kamu dapat menciptakan trend tersebut sehingga objek endorsementmu dapat menjadi trending topic ketika memakai barang yang kamu berikan.

Ribet dan bingung sendiri dengan 3 cara diatas? Cara paling gampang yang bisa kamu lakukan adalah bekerjasama dengan Sociabuzz. Siapa sih Sociabuzz? Sociabuzz menghubungkan pemilik produk alias advertiser dengan para influencer alias para endorser.



Sebagai pemilik produk, kamu bisa mengakses semua data endorser yang ada di dalam Sociabuzz lengkap dengan data mereka tentu saja. Sociabuzz yang sudah banyak digunakan oleh pemilik bisnis dan brand berpengalaman dalam mengatur campaign agar sesuai dengan image produk dan tepat sasaran kepada calon pelanggan yang potensial.

Mengapa pemilik bisnis dan brand memilih Sociabuzz? Berikut ini alasannya:

  • Pemilik bisnis / brand dapat memposting kebutuhan promosinya di marketplace Sociabuzz dengan gratis alias cuma-cuma, yang perlu kita bayar hanya fee para endorser yang kita pilih kok.
  • Menghemat waktu dan bisa disesuaikan dengan budget, karena database endorser yang dimiliki Sociabuzz, maka kita hanya perlu posting apa yang kita butuhkan, menanti respon dan memilih endorser yang kita mau dan sesuai untuk target pelanggan produk kita tanpa perlu survey satu per satu sendiri, kontak dan dealing harga yang pastinya butuh waktu. Kita juga bisa langsung menyesuaikan dengan budget yang kita punya melalui jumlah fee yang mereka cantumkan.
  • Pembayaran mudah, semudah beli pulsa ponsel kamu. Tinggal top up dana yang sesuai budget kita dan Sociabuzz yang akan melakukan pembayaran ke satu persatu endorser yang kita pilih sehingga kita tidak perlu repot melakukan pembayaran per personal.
  • Transparan dan layanan bantuan free! Untuk memutuskan menghire endorser, tentu kita perlu mempertimbangkan beberapa hal dulu kan. Salah satunya statistic endorser, viewer, followers dan seterusnya. Nah di Sociabuzz kita bisa langsung lihat statistic dan data pendukung lain yang berkaitan dengan akun endorser jadi kita tidak perlu repot checking akun satu satu. Mudah kan? Kalau masih bingung menentukan pilihan, don’t worry team Sociabuzz siap memberikan bantuan rekomendasi endorsernya yang paling cocok untuk produk kita.


Jadi, punya produk yang butuh dipromosikan?

No comments:

Post a Comment