Friday, May 26, 2017

Liburan tapi Repot? Gak Jaman…

pic source: pinterest
Kapan terakhir kali saya liburan ya?

Sepertinya sudah akan menginjak setahun dari terakhir kali saya liburan, maksudnya liburan yang pergi-pergi traveling gitu ya.

Terakhir kali saya liburan, destinasi yang saya pilih nggak jauh kok, kota Bandung. Setelah atau sebelum itu, dalam setahun ini saya bepergian hanya untuk urusan jobseeking alias mencari pekerjaan. Kebetulan usai libur lebaran ini saya akan memasuki semester pertama kuliah magister. Setelah sekian lama menjadi jobseeker dan tidak belajar yang sangat fokus di bidang jurusan perkuliahan, akhirnya saya menempuh jenjang selanjutnya dari bidang keilmuan saya. Nah sebelum mulai memusingkan kuliah, tugas, bayar kos, bayar SPP apalagi thesis, saya rasa sebaiknya saya menyisihkan waktu untuk liburan. It’s not a bad idea after all, right?

Oh iya, sebelum menentukan akan liburan atau tidak sebaiknya kita memikirkan tujuan dari liburan kita mau kemana. Beberapa waktu yang lalu saya sering melihat kakak kelas saya semasa masih SMA sering sekali mengupdate kesehariannya di Jepang. Dari mulai musim salju hingga musim gugur yang membuat siapa saja ingin segera menginjakkan kaki ke Jepang, ya salah satunya saya. Setelah mempertimbangkan segala sesuatunya, menurut saya Jepang akan menjadi destinasi liburan yang menyenangkan, bukan?

FYI deh, saya merupakan tipe orang yang merencanakan liburan dari mulai awal hingga akhir. Mulai dari hal pertama yang harus dipersiapkan seperti tiket pesawat dan booking hotel. Jika berencana dan bersepakat untuk pergi bersama teman-teman, biasanya kami akan membagi tugas. Saya bertugas mengurus tiket dari berangkat hingga pulang sedangkan teman saya akan bertugas mengurus penginapan atau hotel dari awal kita sampai hingga hari terakhir kita liburan.

Karena perbedaan tugas dan kewajiban, kami sering mengalami kendala terlebih ketika tidak berada dalam satu lokasi ketika membicarakan mengenai harga dan kualitas sebelum akhirnya deal dan bayar.

Saya mulai membuka aplikasi penyedia jasa pemesanan tiket dan ada hal yang membuat saya terkejut, bahwa ternyata sekarang di Traveloka pemesanan tiket pesawat dan hotel dapat dilakukan secara bersamaan dalam waktu yang singkat. Kaget sih, karena sekian lama menjadi pengguna setia Traveloka dan selama ini kami selalu menyusun liburan secara terpisah. Wah fitur baru Traveloka tersebut menjadi pemecahan masalah tepat untuk kami yang selalu ribet masing-masing karena pemesanan tiket, hotel dan perencanaan liburan yang diatur beda orang jadi sering nggak sinkron.

Cara pemesanannya pun juga sangat mudah. Untuk penggunaan dalam aplikasi ponsel pintar cukup kita mengisi kota asal, kota tujuan, tanggal keberangkatan kemudian pilihan apakah akan memesan tiket sekali jalan atau pulang pergi dan kemudian mengisi jumlah penumpang. Setelah proses tersebut selesai maka tinggal scroll down dan mengisi form pemesanan hotel dengan mengisi kota tujuan, tanggal check in, kemudian akan check out hari apa, jumlah tamu dan yang terakhir jumlah kamar yang dibutuhkan. Nah setelah selesai mengisi semua form tersebut tinggal klik tombol pencarian.

Setelah itu akan tersedia banyak sekali paket yang dapat kita pilih. Tersedia keterangan akan menginap di hotel apa dengan menggunakan maskapai penerbangan apa serta jumlah nominal yang harus dibayar dan tidak lupa ada badge discount up to 70%. Menarik kan?

Misalnya saya dari yang seharusnya kita membayar sebesar tujuh juta jadi tinggal membayar 2 juta. Kita dapat menghemat lima juta dan uang lima juta tersebut dapat digunakan untuk membeli souvenir atau oleh-oleh liburan atau kuliner dan yang lainnya yang tentunya akan lebih menyenangkan daripada dipakai untuk membayar tiket pesawat atau hotel yang dipesan terpisah, bukan? Bahkan setelah saya bandingkan antara memesan terpisah dengan secara bersamaan harganya lebih murah memesan secara bersamaan. Benar-benar bikin bahagia, saya dan teman-teman senang karena saldo tabungan kami banyak terselamatkan! Haha, maklum masih mahasiswa.

Setelah memilih paket wisata traveloka yang ditawarkan, kamu dapat mengisi identitasmu dengan jelas dan menuju proses terakhir yaitu pembayaran. Sistem pembayaran yang diberikan oleh Traveloka juga sangat mudah dengan memberikan fasilitas kepada semua hampir pemilik rekening bank besar di Indonesia. Setelah proses pembayaran selesai akan masuk notifikasi e-ticket penerbangan dan hotel. Paket wisata Traveloka sudah ditangan, kemudian apa lagi yang akan dilakukan?

Sebelum berangkat liburan yang harus dilakukan adalah packing baju selama liburan, membawa obat-obatan seperlunya dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan sehat ketika liburan. Akan sangat tidak menyenangkan bukan ketika liburan eh malah sakit. 
Jadi, proses booking tiket pesawat dan hotel yang mudah dan murah ini dapat juga kalian nikmati ketika akan melakukan liburan, bepergian saat perjalanan bisnis atau kumpul bareng keluarga untuk mempererat kedekatan satu sama lain.

Baca juga: How to Build Close Relation Between Family Members

Lalu liburan lebaran sudahkah ada rencana akan melakukan liburan dimana, kapan, dan bagaimana? Segera pikirkan tujuanmu dan lakukan transaksi segera ya :D

No comments:

Post a Comment