Monday, July 31, 2017

Tips Memilih Pakaian Lari yang Tepat


Pada saat berlari tentu Anda akan melakukan gerakan dan mengeluarkan keringat. Oleh karena itu, pakaian yang digunakan saat berlari perlu diperhatikan agar Anda tetap terasa nyaman. Mungkin selama ini Anda mencari vendor yang bisa bikin baju lari berkualitas. Anda bisa memerhatikan terlebih dahulu bagaimana cara memilih baju lari yang berkualitas dan tepat. Berikut ini merupakan beberapa tips memilih pakaian lari yang perlu diperhatikan.

Menggunakan pakaian yang nyaman

Hindari memakai pakaian yang terbuat dari kain kasar karena bisa membuat kulit Anda menjadi iritasi saat bergerak. Anda bisa menggunakan pakaian berbahan tipis yang mudah menyerap keringat seperti kain yang mengandung polypropylene atau kain coolmax dan supplex. Kemudian hindari pakaian dengan ukuran terlalu longgar ataupun ketat, pakailah yang benar-benar pas di tubuh Anda.

Menggunakan pakaian sesuai dengan cuaca
Anda bisa mengenakan pakaian berlapis saat cuaca sedang dingin seperti jaket. Namun ingat, apabila saat itu cuaca sedang panas Anda hanya perlu memakai satu lapis saja

Menggunakan pakaian berteknologi maju

Maksud dari menggunakan pakaian berteknologi maju di sini ialah Anda bisa menggunakan pakaian yang memiliki perawatan anti-mikroba untuk mencegah bau. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pakaian lari yang memiliki pelindung ultraviolet untuk melawan sinar matahari berbahaya.

Menggunakan pakaian dengan pori-pori yang longgar

Hindari memakai pakaian yang memiliki pori-pori rapat ataupun bahkan tidak berpori, karena hal ini akan membuat keringat susah menguap dan menyebabkan suhu tubuh tetap tinggi selama kamu berlari.

Menghindari bahan katun

Bahan ini akan menyerap keringat sehingga membuat pakaian jadi lebih berat dan berpotensi menyebabkan lecet akibat gesekan bahan dengan kulit, kemudian Anda pun jadi tidak nyaman.

Memilih bahan yang bersifat teknis (technical fabric)

Sebaliknya pilih bahan yang bersifat teknis, seperti poliester dan nilon, yang dapat menguapkan kelembapan keluar dari tubuh dan cepat kering. Bahan seperti ini membuat kulit tetap dapat bernapas (breathable) dan membuat Anda tetap adem selama berlari. Bila Anda kehujanan, kemampuannya yang cepat mengering akan mencegah Anda kedinginan. Nilon bisa diguakan sendiri atau digabungkan dengan bahan lain untuk memberikan daya tahan yang lebih baik.

Memilih bahan yang ringan dan longgar

Tinggal di negara tropis artinya kemungkinan besar Anda akan sering lari dalam cuaca panas. Pilihlah pakaian, baik atasan maupun bawahan, yang ringan dan longgar. Menurut active.com, baju lengan panjang yang ringan akan membuat lebih adem dibandingkan lengan pendek atau tank top karena model seperti ini lebih melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sedangkan pakaian yang longgar memberikan lebih banyak sirkulasi.

Memilih pakaian berbahan mesh

Beberapa pakaian punya panel mesh yang bisa mendinginkan. Umumnya ditempatkan di area-area strategis yang cenderung lebih cepat panas, seperti punggung, ketiak, atau samping tubuh.

Memilih pakaian anti lecet
Ada pula pakaian yang berkonstruksi tanpa jahitan di area-area tertentu. Ini akan membantu menghilangkan kemungkinan lecet pada area tersebut.

Nah, agar Anda tetap merasa nyaman saat berlari jangan lupa untuk memerhatikan tips di atas dalam memilih pakaian lari. Baju running yang tepat digunakan tentu merupakan baju sport yang nyaman dikenakan pada saat melakukan aktivitas tersebut. Jangan memaksakan menggunakan pakaian yang sama sekali tidak membuat Anda nyaman. 

Selamat memilih baju lari selera Anda!

No comments:

Post a Comment