Wednesday, November 29, 2017

Tips Aman Berkendara Motor di Malam Hari (Masker Motor it’s a must!)

pic source: pixabay.com
Hello bikers!

Sehubungan dengan aktivitas sehari-hari, sebagai pengguna motor maka pastinya nggak jarang kita ada urusan, keperluan atau terjadinya suatu kondisi yang menyebabkan kita harus berkendara motor ketika malam hari bahkan mungkin saat sudah larut.

Kerap kali kita mengabaikan urusan keamanan karena menilai bahwa jalur jalan yang akan kita lewati terus ramai dan padat selama 24 jam sehingga kita merasa tidak akan perlu mengkhawatirkan keamanan selama perjalanan terhadap resiko-resiko yang sering ditayangkan beritanya pada segment berita kriminal.

Padahal tetap waspada dan safety riding adalah kewajiban setiap pengguna jalan untuk menjaga keamaan diri serta pengguna jalan lainnya juga lho. Karena masalah selama perjalanan ke tempat tujuan tidak hanya berkaitan dengan segi aman dari kriminal, namun juga menyangkut pengabaian pada hal-hal yang nampak sepele namun berperan dalam keamanan berkendara yang menyangkut kita dan pengguna jalan lain. Contohnya seperti cahaya malam yang lebih gelap dan kemungkinan lampu kendaraan mendadak rusak/terganggu fungsinya dapat saja menyebabkan bahaya kecelakaan lalu lintas karena kita tidak bisa melihat kendaraan lain dengan jelas dan sebaliknya.

Nah sampai disini sudah terasa kan betapa pentingnya berkendara dengan aman di malam hari?

Langkah-langkah berikut ini perlu kamu tahu dan terapkan sebagai pengguna motor untuk keamanan berkendara di malam hari:

#1 Ketahui pentingnya menjadi ‘terlihat’ oleh pengguna jalan yang lain

Keselamatan kita sebagai pengguna jalan dinilai akan lebih baik jika kehadiran kita dapat dengan mudah dilihat atau terlihat oleh pengguna jalan lainnya. Karena itu sangat penting untuk memilih warna motor dan peralatan berkendara motor dengan warna yang catchy seperti helm, sarung tangan dan jaket. Namun jika kamu tidak suka mengenakan warna yang terlalu ‘menyala’, maka pakailah perlengkapan berkendara yang memiliki elemen khusus yang jika dikenakan saat malam hari akan membantu meningkatkan terlihatnya kehadiran kamu bagi pengguna jalan lain. Contohnya elemen yang biasa ditambahkan pada pakaian dan aksesoris safety para pekerja untuk meningkatkan keselamatan, elemen ini biasanya berwarna silver saat siang hari namun akan berwarna hijau menyala glow in the dark saat gelap dan malam hari.

#2 Kenakan helm standar dan masker motor
Kita tentu tahu bahwa helm standar berupa helm yang melindungi kepala dengan sempurna dan memiliki kaca gelap yang menutup wajah diwajibkan penggunaannya bagi pengemudi motor di jalan raya namun mungkin ada beberapa diantara kita yang belum sadar penuh akan fungsinya sehingga memilih untuk tidak mengenakan helm saat berkendara motor dalam jarak yang menurutnya dekat.

Helm standar berguna untuk perlindungan menyeluruh jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama berkendara seperti jatuh dari motor atau kecelakaan lalu lintas. Helm juga membantu meminimalisir resiko cedera pada saat seperti itu. Selain itu kaca depan pada helm membantu pengendara untuk melihat dengan lebih baik saat siang hari tanpa harus terganggu debu dan cahaya matahari, serta melindungi mata dari hewan kecil yang beterbangan dan debu ketika malam hari. Masker motor sendiri berguna untuk menyaring udara yang berdebu dan asap saat kita sedang mengemudi tanpa harus terbatuk-batuk saat berkendara.

Pastikan untuk menggunakan masker motor yang nyaman untuk kita pakai apalagi jika kita wanita yang mengenakan hijab, akan lebih baik untuk memilih masker yang bisa diikat di belakang kepala. Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan dan membeli jenis masker yang nyaman dan sesuai, kamu bisa melihat berbagai macam jenis dan pilihan masker motor serta perlengkapan berkendara motor lainnya di Mataharimall.

Jangan mengganti masker dengan slayer karena meskipun terlihat bisa difungsikan sama untuk menutupi wajah, namun pada kenyataannya kedua benda ini berbeda fungsi. Slayer juga tidak memiliki kemampuan untuk menyaring udara seperti halnya masker.

#3 Menyalakan lampu motor

Banyaknya cahaya lampu pada malam hari disekitar kita menimbulkan kemungkinan bahwa kita bisa jadi lupa menyalakan lampu motor. Jangan lupa untuk cek lampu motor sebelum memulai perjalanan. Lampu motor yang mati selain berarti melanggar peraturan lalu lintas juga dapat saja membahayakan perjalanan kita jika sedang lewat di tempat yang cahaya lampunya remang atau sedang mati lampu sehingga menyebabkan kita tidak terlalu aware pada kondisi jalan di depan kita. Dan sebaliknya pengguna jalan lain juga tidak bisa melihat kehadiran kita dan kendaraan kita, misalnya apakah ada yang sedang menyeberang atau tidak? Kejadian seperti ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas antar pengguna jalan.

No comments:

Post a Comment