Sunday, July 8, 2018

3 Poin Pertimbangan Membeli Smartphone Baru

Perkembangan pesat teknologi tentu saja tidak pernah melewatkan smartphone, justru gadget yang yang satu ini termasuk yang mengalami perkembangan terpesat jauh dibanding lainnya. Coba saja kita ingat-ingat kapan terakhir kali kita masih memakai ponsel dengan teknologi Symbian yang sering dikatakan sebagai cikal bakal Smartphone masa kini dan teknologi apa yang saat ini bisa kita pakai dalam ponsel kita.

Saking pesatnya teknologi baru yang terus diiinovasikan oleh para produsen smartphone, sehingga tidak cuma setahun sekali saja, dalam sepanjang tahun kita akan banyak menjumpai penawaran inovatif produk-produk smartphone terbaru. Bingung kan setiap kali pengin beli ponsel baru?

Coba saja akses marketplace seperti Blibli.com dibagian gadget, berbagai merk ponsel, fitur-fitur unggulan yang akan memanjakan penggunanya, potongan harga bahkan bonus aksesoris yang akan diberikan jika kita membeli ponsel tersebut. Tidak cuma fitur, kita juga tentu akan kebingungan dengan brand-brand smartphone yang makin lama sepertinya makin banyak saja dari brand yang sudah sering kita dengan seperti hp asus hingga brand smartphone yang sama sekali belum pernah kita dengar dari import maupun local product.

Sementara ganti ponsel sudah menjadi suatu kebutuhan dalam jangka waktu tertentu, baik karena ponsel ada masalah maupun karena teknologinya yang jauh tertinggal karena fitur yang tidak memadai sehingga membuat kita harus mengupgrade ponsel dengan yang lebih baru. Kalau sudah waktunya beli ponsel baru begini pasti bingung kan mau pilih ponsel yang mana? Mau yang teknologi paling futuristik tapi budget selangit, teknologi nggak kalah tapi ramah di dompet seperti hp asus, atau malah low budget smartphone yang kita belum tahu pengalaman pengguna serta kenyamanan pemakaiannya bagaimana.

Makin bingung mulai darimana? Ini poin pentingnya:

#1 Ketahui basic system pengoperasian smartphone
Sebelum memilih brand dan tipe smartphone, pertama-tama kita harus memahami dulu OS (operating system) atau sistem pengoperasian ponsel tersebut. Sistem pengoperasian kebanyakan smartphone pada saat ini adalah: iOS yang merupakan sistem pengoperasian eksklusif untuk produk Apple, Android yang dibuat dan dikelola oleh Google - bisa dibilang OS ini juga sangat update, menawarkan banyak kemungkinan dengan budget yang rendah, dan terakhir yang paling jarang adalah Windows phone - meskipun tidak banyak penggunanya tapi smartphone dengan OS windows menawarkan integrasi dengan semua layanan dari Microsoft Windows serta camera software yang canggih.

Pilih OS yang sesuai dengan kebutuhan kita atau sesuai dengan pemakaian ponsel yang sebelumnya. Jika fitur-fitur standar kita rasa sudah cukup untuk digunakan, maka tidak ada salahnya juga untuk memilih smartphone dengan OS yang paling banyak dipakai oleh masyarakat kebanyakan.

#2 Range harga
Setelah mengenal dan mengetahui OS apa yang kita perlukan untuk smartphone yang akan kita beli, maka penting untuk menerapkan budget pembelian ponsel untuk membatasi pilihan brand dan tipe smartphone di pasaran yang akan kita beli.

Budget selain penting untuk pembatasan pilihan brand dan tipe smartphone juga tentunya membantu pengelolaan keuangan kita agar tidak bocor di pos-pos yang kurang penting. Tidak usah memaksakan diri membeli teknologi smartphone high end yang paling canggih karena yakin deh dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan saja akan muncul keluaran baru yang menggeser smartphone tercanggih itu dari peringkat atas. Munculnya keluaran  baru dengan teknologi yang lebih canggih juga akan serta merta menurunkan harga smartphone yang kita beli itu di pasaran dengan cukup lumayan.

Karena itu lebih prioritaskan budget dan kebutuhan agar tidak menyesal jika kejadian diatas terjadi, karena teknologi akan terus memperbarui diri seiring bergulirnya waktu. Secanggih apapun smartphone yang kita beli, beberapa tahun lagi tentu sudah butuh untuk diganti baru lagi.

#3 Pertimbangkan gadget lain yang sudah kita punya
Pertimbangkan juga gadget lain yang sering kita pakai secara aktif selain smartphone seperti tablet maupun laptop yang sudah kita miliki. Karena nggak lucu juga kan kalau nggak bisa connect karena nggak compatible :D

So that's why it is important.

Jadi gimana, sudah siap beli brand dan tipe apa untuk smartphone baru kamu nanti?

No comments:

Post a Comment