Tuesday, July 25, 2017

Mainan Bayi Edukasi untuk Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun, Inilah Beberapa Pilihannya!

Weheartit

Halo.
Ini ibu2 mau cerita tentang mainan anaknya.

Bayi memang sedang dalam usia bermain nya, terutama ketika Ia menginjak usia 6 bulan dimana akan semakin lincah dan pergerakan nya pun mulai lebih luas lagi. Di usia ini, aktivitas anak haruslah yang mampu membangun mental, fisik, emosional hingga sosial si kecil sehingga butuh mainan yang mampu menunjang semua hal tersebut. Di usia 6 bulan sampai 1 tahun, kemampuan bayi akan meningkat secara cepat sehingga mainan bayi seperti boneka bernyanyi atau dapat berbicara ketika dipencet justru kurang mampu mendukung imajinasi dan kreativitas si kecil.

Di usianya yang menginjak 6 bulan sampai 1 tahun, bayi butuh mainan yang mampu membuatnya terpancing untuk berfikir. Orang tua pun disarankan untuk dapat memilihkan mainan yang bisa mendukung kemampuannya dalam berfikir mengingat bayi butuh dorongan. Berikut ini beberapa pilihan mainan untuk bayi yang bisa membantu dalam eksplorasi untuk mendukung berkembangnya panca inderanya:


1. Papan aktivitas
Yang pertama ada papan aktivitas. Papan ini adalah papan biasa yang diberikan berbagai mainan di bagian atasnya. Mainan tersebut bisa berupa sesuatu yang mampu menarik perhatian si kecil untuk memutar, menutup, membuka tutup, menjatuhkan hingga meremasnya. Aktivitas ini akan mampu melatih koordinasi tangan serta fungsi sensor bayi. Namun pastikan juga jika papan aktivitas ini aman untuk si kecil misalnya tidak ada paku kecil hingga segala sesuatu yang berpotensi tertelan.

2. Perlengkapan rumah tangga
Tanpa mengeluarkan biaya lebih pun, Anda tetap bisa memberikan si kecil mainan bayi yang menyenangkan. Mainan untuk usia ini yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan perlengkapan rumah tangga. sendok kayu, mangkok plastik warna-warni, hingga cangkir pengukur juga bisa Anda pilih. Letakkan perlengkapan ini pada tempat yang mudah untuk dijangkau dan usahakan agar segala sesuatu di sekitarnya tidak berpotensi membuat si kecil tertimpa.

3. Buku
Untuk buku, tentu bukan hanya si kecil yang bermain dengannya. Orang tua juga harus ikut berperan misalnya dengan membacakan cerita dan dongeng sehingga mampu mendukung keterampilannya dalam berbahasa. Anda bisa memilih buku dengan bahan yang kuat seperti kain dan lainnya sehingga tidak mudah sobek meski si kecil berusaha untuk meraihnya.

4. Balok
Ajarkan juga si kecil untuk menyusun balok kayu dan kemudian menjatuhkan. Ajak si kecil untuk menempatkan balok tersebut di dalam wadah dan menumpahkan kembali. Meski terlihat seperti mengajarkannya untuk berantakan, namun sebetulnya hal ini mengajarkan si kecil agar tangannya bisa berperan aktif dan mampu berimajinasi.

5. Bola
Untuk usia 6 bulan hingga 1 tahun, bola masih jadi mainan yang sangat menarik. Terdapat berbagai macam cara memainkan bola. Anda bisa menggelindingkan bola ke arah si kecil dan minta dia untuk menggelindingkan kemanapun. Ketika usia bayi sudah mulai besar, bermain lempar tangkap bola juga mampu menghibur nya.

Ternyata mainan bayi untuk usia 6 bulan sampai 1 tahun cukup banyak pilihan bukan? Rajin-rajinlah ke toko mainan anak dan perhatikan label di mainan tersebut dan pilihlah sesuai usianya. Dengan mengecek kembali mainan tersebut, maka Anda akan mampu memilihkan mainan yang tepat dengan perkembangan si kecil sehingga mampu berkembang dengan lebih maksimal. Cek juga mainan tersebut untuk berjaga-jaga jika nantinya mainan tersebut mengandung bahan berbahaya, cat mengelupas hingga benda kecil yang berpotensi untuk ditelannya.

Taro dulu HPnya, bermain total dengan si bayi untuk menghindari bahaya tertelan. Selamat bermain ya moms :)

No comments:

Post a Comment