Friday, November 9, 2018

Cara Mudah Sablon Kaos Menggunakan Teknik Sublimasi (Sublimation Dye)



Sablon (printing) merupakan salah satu usaha yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sablon adalah teknik cetak memindahkan sebuah desain yang kita inginkan ke media lain, salah satunya adalah kaos. Untuk itu banyak orang yang menggunakan sablon untuk berbagai kegiatan dan juga acara. Sablon kaos pada akhirnya menjadi hal yang umum dilakukan ataupun terbiasa dilakukan.

Salah satu teknik yang banyak digunakan untuk sablon adalah teknik sablon sublimasi (sublimation dye)  yang merupakan teknik yang umum digunakan. Bahkan sablon ini disukai oleh masyarakat karena memiliki banyak kelebihan.

Teknik sablon sublimasi merupakan sablon kaos dengan budget yang minim dan juga praktis. Sublim berasal dari kata paper atau dengan menggunakan teknik sublim.



Cara cetak kaos dengan teknik sublim memang terkenal praktis, hanya perlu tinta khusus sublim, printer dengan tinta sublim, dan juga mesin press kaos yang ada untuk meratakan atau untuk menekankan desain yang baik.

Hasil print menggunakan tinta sublim setelah dilakukan press di kaos dengan mudah untuk tertransfer, karena tinta sublimasi yang merupakan tinta waterbased  (berbahan dasar air) dan juga sifat tinta yang masuk ke dalam sifat sensitif terhadap suhu dan juga tinta tersebut akan berubah menjadi bentuk gas yang berada dibawah pengaruh suhu yang panas. Sehingga tinta sublimasi dapat menyerap dengan mudah dan juga bahan kain yang terserap dengan bagus. Selain itu menghasilkan warna yang tajam.

Teknik Sublimasi dan Kelebihannya 


Teknik sublimasi memang memiliki banyak kelebihan. Untuk anda yang menggunakan teknik ini anda membutuhkan kertas khusus untuk sublim tersebut di rolling dengan suhu minimum 200 derajat celcius diatas kaos yang akan anda sublim. Suhu haruslah tinggi agar tinta bisa tersublim dengan baik.

Selain itu teknik sublimasi akan menghasilkan kaos atau  sablon yang maksimal pada bahan tertentu, nah salah satunya adalah bahan polyester. Dimana sublimasi tersebut tidak akan cocok untuk bahan cotton. Cotton memiliki tingkat kapiler yang halus, sehingga jika menggunakan kaos polos cotton hasil sublim sering menguar atau memencar dan akhrinya desain bisa berantakan.

Teknik sublim bisa diaplikasikan hanya pada kaos yang terang atau masuk kedalam kaos light color.  Hasil sublimasi akan bagus jika desain yang anda miliki detail sehingga tercetak dengan mudah. Selain itu mengingat biaya produksi sublimasi sangat tinggi maka teknik ini bisa berlaku untuk minimum order juga.



Peralatan yang dibutuhkan dan cara sablon kaos menggunakan teknik sublimasi :

1. Siapkan peralatan khusus untuk teknik sublimasi, anda bisa menggunakan printer inkjet epson yang sduah dimodifikasi dengan tinta khusus sublim. Namun jika anda menyambungkan dengan dekstop merk lain layaknya HP, Canon dan sejenisnya tidak akan bisa atau tidak akan ampuh karena menggunakan thermal printhead.

2. Cetak artwork ataupun desain secara mirror terbalik seperti tulisan desain ke atas kertas transfer.

3. Letakan cetakan kertas transfer dengan sisi tinta sublimation menyentuh pada sisi kaos dan taruh pada mesin hot press kaos.

4. Apit sablon kaos tersebut dengan temperature dan waktu yang telah ditentukan. Serta waktu tergantung pada ketebalan kaos. Umumnya hanya memakan waktu kurang dari 10 menit setiap kaosnya.

5. Lepas kertas tersebut dari kaos dan gambar atau tinta sublimasi akan pindah serta sudah menyatu dengan media anda yaitu kaos. Dikeringkan sebentar dan sablon kaos selesai.


sumber gambar pendukung : pinterest.

No comments:

Post a Comment