Friday, February 8, 2019

Sambal Bawang Mbok Djayus di Kota Malang, Warung Sederhana yang Tidak Pernah Kehilangan Peminat

Yang pernah tinggal menetap atau tinggal sementara di Malang pasti setuju betapa ngangeninnya masakan sederhana di Warung Sambal Bawang Mbok Djayus. Selain rasanya yang pedas gurih, nasinya yang pulen, lauknya yang bebas milih tergantung kondisi keuangan kita saat makan, harganya juga sangat terjangkau. Kalau pas miskin ya belinya pakai lauk bakwan jagung atau tahu tempe saja, kalau rada mendingan ya boleh deh pakai telur, bebek, ayam atau lauk-lauk lain yang lebih mahal.

Sebenarnya nggak ada yang istimewa dengan sambal bawangnya sendiri, nggak ada bumbu-bumbu rahasia secara khusus. Tapi lauknya memang selalu enak dan gurih, tidak pernah amis dan bau daging. Meskipun mungkin kamu bisa klaim kalau sambal buatanmu rasanya beda tipis dan nggak kalah enak. Tapi kan itu kalau kita punya waktu dan niat untuk memasak hehe. Lain halnya dengan orang-orang yang tidak punya waktu dan peralatan memasak, juga nggak punya niat untuk masak seperti mahasiswa dan pekerja pendatang, warung Mbok Djayus hampir selalu jadi favorit.

Sambalnya selalu dibuat fresh ketika kita memesan menu makanan disini, kita bisa minta sambal sesuai dengan tingkat kepedasan yang sesuai untuk lidah kita. Yang nggak suka pedes-pedes banget ya boleh minta nggak pedas atau sedang, pecinta pedas bisa titip pesan dibuatkan sambal yang super pedas untuk menemani acara makan kita.

Sebagai mahasiswa yang menetap sementara di Malang, saya senang makan di warung ini karena harganya yang nggak mahal dan tetep berasa makan di luar kos dan sekitarnya. Saya suka banget sama bakwan jagung gorengnya, bahkan sampai sekarang juga masih suka kadang mampir ke warung ini kalau sedang bepergian ke Malang.

Ada perubahan yang bisa langsung kita lihat pada warung ini, terutama ya kalau yang seangkatan atau lebih tua dari saya. Dulunya warung Mbok Djayus ini tidak punya cabang, tidak besar dan kebanyakan customernya duduk di kursi-kursi panjang di halaman warung yang dipasangi tenda. Agak susah kalau datang dengan kendaraan beroda 4 memang sih.

Nah sekarang sudah ada cabang yang bisa kita kunjungi juga, rasa jelas sama, nggak jauh dari lokasi awal dan parkirnya cukup lega untuk menampung kendaraan roda 4 di halaman, dengan nggak usah bikin sempit jalan dengan parkir di pinggir jalan pastinya lebih aman.

Lihat deh pilihan lauknya yang berjajar dan bisa kita pilih sesuai selera, terakhir kali makan disini, saya dateng pas sudah malam banget dari luar kota karena ada agenda kerja sebelumnya sampai malam lantas kami super kelaperan.
Laper banget dengan perut khas Indonesia ini yang belum mau diam berbunyi kalau belum ketemu nasi, sementara dari pagi kami belum menikmati proper meal selain burger mungil yang kami beli diperjalanan melalui fasilitas drive-thru. Dan tempat singgah nggak memungkinkan untuk pesan makanan melalui delivery order, ah repot memang.

And look at this! Masih lengkap jenis lauknya meskipun masing-masing hanya tinggal sedikit. Nggak perlu kuatir dingin karena begitu kita pesan, mas dan mbak yang ada di warung bakalan dengan sigap menghangatkan lauk agar kita bisa makan makanan hangat di kota sejuk ini dengan nyaman. Anyway, nasi hangat fresh selalu tersedia di magicom besar warung, feel free to put lots of rice as much as we want to eat. Enak kan? Jadi porsinya bisa disesuaikan dengan kapasitas perut kita, kalau kita biasa makan nasi yang setengah piring bisa banget kita atur sendiri dengan ambil nasi setengah piring aja. Mau makan dengan nasi full menggunung pun juga bisa, warung ini sama sekali nggak pelit nasi. Mantul nggak? :D
Kali ini saya memilih bebek goreng, tempe goreng, tahu dan bakwan jagung untuk dimakan berdua dengan sambal bawang super pedas. Gurihnya lauk hangat yang baru digoreng dan sedapnya sambal bawang adalah teman terbaik bagi nasi panas di piring saya hehe. Duh kan nulisnya jadi ngiler pengin makan di warung Sambal Bawang Mbok Djayus lagi... :p

Warung ini recommended banget untuk jadi salah satu destinasi kita guna mengisi perut saat berkunjung ke kota Apel ini. Mengingat semakin hari semakin banyak saja objek wisata bagus di Malang dan sekitarnya yang sangat menarik untuk dikunjungi baik bersama keluarga maupun teman-teman. Memang untuk ukuran kota yang sering didatangi wisatawan baik lokal dan internasional, Malang memiliki banyak warung dan restoran dengan menu beragam yang sangat terjangkau harganya.

Nggak jarang juga saya lihat banyak public figure yang tinggal di seluruh Indonesia rela bepergian dengan tiket pesawat ke Malang demi menyaksikan sendiri ragam objek wisata di Malang dan sekitarnya.

Percaya nggak percaya saat masih tinggal di Jakarta, sebelum pulang kampung ke kota kelahiran setiap ada kesempatan liburan dan cuti, saya selalu mampir dulu ke Malang dan bermalam disana sekian hari sebelum dijemput travel untuk melanjutkan perjalanan ke kampung halaman. Setiap kali singgah dan ada foto-foto selagi berada di Malang, sering banget temen kerja saya nanya saya lagi dimana. Saking tempat-tempat wisata di Malang dan sekitarnya banyak banget yang unik-unik dan instagrammable, sudah gitu biaya akomodasi, makan minum dan jajanan juga super hemat. Jadi pada ketularan pengin liburan ke Malang juga kan.

Buat kamu yang mungkin sedang suntuk dengan padat macetnya ibu kota dan pekerjaan yang menumpuk sampai bikin kamu ngerasa hampir nggak punya kehidupan sosial dan butuh refresh, Malang cocok banget untuk destinasi liburan kamu. Terutama kalau kamu sudah kelewat sering main ke Bogor dan Bandung, pengin jalan-jalan ke kota lainnya lagi tapi dengan udara sejuk yang mirip dengan kedua kota tersebut. Jadi, tunggu apalagi untuk planning liburan ke Malang? ;)

Ngomong-ngomong untuk survey tiket penerbangan, kamu biasa cari sendiri atau pesan agen travel terdekat? Senangnya sekarang ini teknologi sudah memungkinkan kita untuk cari tahu harga tiket ter da-best hanya dengan menggunakan ponsel atau laptop kita melalui jaringan internet loh.

Pegipegi adalah situs pencarian tiket yang sering saya akses karena informatif dan user friendly, bayangkan saya nggak perlu login dulu untuk mencari informasi terkait rangkaian itinerary terbaik yang saya butuhkan saat hendak traveling. Pegipegi.com juga sangat update terkait beragam promo dari hotel, meskapai dan bahkan dari bank sebagai alat pembayaran. Cobain deh, atau malah sudah? :D

Siapkan rencana cuti dan itinerary mulai sekarang yuk, meskipun niat cuti masih sekian bulan lagi nggak ada salahnya persiapan kan... Tentu saja kamu bisa naik pesawat ke Malang dari Jakarta dan landing di Bandar Udara Abdul Rachman Saleh, Malang. Informasi pilihan penerbangan dan jam terbang, meskapai pesawat, hari dan harga bisa cus akses ke pegipegi.com untuk dipilih-pilih dulu sambil kita pertimbangkan kesesuaian dengan waktu dan budget kita sebelum fix dan purchase.

Working day memang the best sih untuk harga tiket dan hotel, makanya lebih oke pas waktu cuti daripada public long holiday untuk liburan kemanapun.

Dari Bandara ke hotel, kamu bisa memakai alat transportasi yang direkomendasikan hotel tempat kamu menginap. Mungkin mobil jemputan hotel atau yang lain, prefer telepon hotel dulu ya setelah booking kamar hotel kamu selesaikan :D

Referensi lain? Bisa banget kamu cari dari internet dengan berbagai rekomendasi dari traveler-traveler lain yang sudah menikmati acara liburan mereka di Malang and having a great time holiday there. Atau nanya ke teman yang sudah duluan menjajal jalan-jalan ke Malang.

Selamat liburan!

Sambal Bawang Mbok Djayus
Alamat: 
Jl. Candi Sewu, Mojolangucabang Candi Panggung no.28 (bisa dicari langsung di Google Map)
Malang kota - Jawa Timur
Jam buka: 11 siang - 3 pagi

No comments:

Post a Comment