Monday, August 26, 2019

4 Tips Dalam Membeli Mobil Sesuai Kebutuhan


Membeli mobil ekonomis semisal harga mazda cx30 untuk memenuhi kebutuhan adalah impian semua orang. Apalagi mobil yang diinginkan adalah mobil idaman. Membeli mobil belum tentu harus memperhatikan beberapa aspek termasuk faktor finansial. Karena, ketika membeli mobil, Anda harus mempersiapkan pemasukan dengan saksama untuk dapat membayar uang muka, cicilan per bulan, biaya bahan bakar hingga pajak tahunan.

Jika Anda ingin membeli mobil sesuai kebutuhan, maka tidak hanya memperhatikan jenis dan merek mobil. Hal terpenting yang harus menjadi fokus adalah mengelola anggaran keuangan. Penghasilan bulanan harus diatur agar Anda bisa hidup dengan nyaman, tanpa banyak beban. Ini juga memastikan bahwa masa depan Anda, pasangan Anda dan anak-anak Anda akan terlindungi. Lalu, bagaimana sebaiknya Anda membeli mobil sesuai kebutuhan?

1. Penelitian, penelitian dan penelitian
Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin membeli mobil adalah riset terlebih dahulu. Apakah mobil impian Anda memiliki fitur sesuai kebutuhan, apakah kapasitas mobil tersebut mampu menampung semua anggota keluarga, lalu berapakah harga dalam anggaran keuangan Anda? Jangan lupa untuk membandingkannya dengan beberapa model sekaligus. Sehingga saat membandingkan, Anda dapat menemukan mobil yang paling mewakili kebutuhan Anda.

2. Beli berdasarkan kemampuan finansial
Ketika Anda ingin membeli mobil, pastikan Anda sudah menyiapkan anggaran keuangan terlebih dahulu. Kemudian cari tahu harga pasar mobil di dealer terdekat. Dari sana Anda sudah dapat menghitung berapa banyak uang yang harus dikumpulkan untuk membeli mobil impian. Jika Anda masih mengalami dana karena kekurangan uang, belilah mobil yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Padahal, meski dengan gaji pas-pasan, keinginan memiliki mobil sesuai kebutuhan masih bisa terwujud. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mencapai semua mimpi ini, yaitu menabung rutin. Minimal setiap bulan menyisihkan 10 persen dari penghasilan untuk ditabung. Kemudian, tentukan anggaran sesuai dengan kondisi keuangan riil saat ini, jangan memaksakan diri untuk menambah anggaran dari sesuatu yang bisa membebani keuangan Anda nanti.

3. Tentukan jenis mobil berdasarkan kebutuhan yang tidak diinginkan
Banyaknya jenis mobil yang ada di pasaran tentu membuat Anda semakin bingung. Tips agar tidak salah menentukan mobil sesuai dengan kebutuhan Anda adalah melihat terlebih dahulu berapa penumpang yang akan mengendarai kendaraan. Misalnya, jika Anda keluarga, Anda harus memilih mobil yang mampu menampung banyak penumpang dan memiliki ruang kabin yang luas dan fitur hiburan lengkap untuk menghilangkan kebosanan dan Anda.

Sementara itu, jangan membeli sedan atau city car jika jalan di perumahan Anda berlubang dan berbatu karena hanya akan merusak mobil. Untuk itu, berhati-hatilah saat membeli mobil. Anda dapat membeli All New Kijang Innova, Toyota Grand New Avanza dan Toyota Sienta untuk pilihan mobil keluarga atau MPV. Untuk mendukung hasrat bertualang dan melewati medan yang cukup berat Anda bisa membeli mobil jenis SUV seperti Toyota All New Fortuner dan Toyota New Rush.

4. Periksa kondisi mobil dan lakukan test drive
Langkah selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah memeriksa kondisi fisik mobil, terutama mesin, interior dan eksterior. Proses pengecekan harus dilakukan ke semua bagian hingga yang terkecil untuk mendapatkan mobil kondisi prima. Cek satu per satu mulai dari bumper, atap, pintu, jok hingga kondisi mesin.

Setelah memeriksa semua kondisi fisik mobil, Anda harus melakukan test drive. Fungsi dari test drive ini adalah untuk mengetahui apakah kondisi mesin masih mulus dan prima, tentu saja apakah itu sesuai dengan kebutuhan Anda? Pengujian juga harus dilakukan untuk memeriksa fitur yang tersedia, apakah berfungsi sesuai harapan atau hanya menjadi tampilan.

No comments:

Post a Comment