Saturday, September 21, 2019

Tips Lancar Menjawab Soal Tes Psikologi Saat Seleksi Kerja



Soal tes psikologi sering kita jumpai di beberapa kesempatan. Misalnya saja saat ujian masuk sekolah, ujian sertifikasi profesi, dan saat seleksi kerja. Soal tes psikologi saat seleksi kerja sendiri terdiri dari banyak soal dengan berbagai bentuk. Untuk menjawabnya, anda harus memiliki pemahaman khusus agar tepat saat mengerajakannya.

Dalam setiap proses seleksi kerja, soal tes psikologi diperlukan untuk mengetahui dasar-dasar atau perkiraan emosi, imajinasi, intelektual, tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja yang dimiliki calon karyawan baru. Hal ini sangat penting agar tim HRD sebagai perekrut bisa menilai apakah calon karyawan baru tersebut sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan atau tidak.
Namun, karena soal tes psikologi ini cukup banyak dan dengan tingkat kesulitan yang meningkat, maka anda harus menjawabnya dengan tepat dan banyak. Berikut kami berikan tips lancar menjawab soal tes psikologi saat seleksi kerja.

Istirahat yang Cukup

Sesi tes psikologi untuk tahap seleksi kerja biasanya akan dilakukan apabila anda lolos tahap pertama yakni screening Curriculum Vitae (CV). Maka, akan ada pemberitahuan dari tim HRD untuk mengundang anda menjalani tes ini beberapa hari sebelumnya. Oleh karena itu, istirahat lah yang cukup yakni 6 sampai 8 jam di malam hari. Hal ini penting untuk mengurangi rasa gugup kala menjawab soal tes psikologi, serta meningkatkan konsentrasi anda.

Makan Makanan yang Baik untuk Otak

Bagaimanapun juga, konsentrasi diperlukan untuk menjawab soal tes psikologi saat seleksi kerja. Istirahat yang cukup serta makan sebelum mengerjakan soal tes psikologi sangat dianjurkan. Apalagi jika anda mengonsumsi makanan yang baik untuk peningkatan kinerja otak. Seperti iklan salmon, kacang almond, brokoli, gandum, serta buah alpukat dan berry. Dengan memakan makanan ini secara rutin kala mencari kerja, tingkat konsentrasi di dalam otak akan lebih maksimal.

Pelajari Soal Tes Psikologi

Soal tes psikologi memang dibagikan untuk menilai karakter seseorang, sehingga jawabannya bisa saja berbeda-beda tergantung masing-masing orang tersebut. Namun, untuk soal tes psikologi yang menilai logika dan kemampuan berpikir matematis, maka anda perlu mempelajarinya terlebih dulu.
Ya, sebagian soal tes psikologi adalah soal matematika dan logika dasar yang pernah kita dapatkan di bangku SMA yang membutuhkan rumus tertentu. Selain itu, beberapa soal tes psikologi lainnya juga perlu anda pahami dengan membaca contoh-contoh soal dan cara menjawab yang tepat.

Baca Panduan Soal Tes Psikologi

Jika anda sudah belajar namun masih menemui jenis soal tes psikologi yang sulit, maka anda harus menyimak panduan menjawab yang diberikan oleh tim HRD. Dengarkan dan baca dengan seksama, karena biasanya panduan ini dijelaskan secara singkat dan cepat. Pastikan anda mengerti betul, agar hasil tes psikologi ini dapat dilalui dengan baik dan anda mendapatkan pekerjaan impian.

Jangan Terburu-buru Mengerjakan

Menjawab soal tes psikologi memang harus cepat dan tepat. Tapi, bukan berarti anda boleh terburu-buru dalam mengerjakannya. Kebenaran pilihan yang anda pilih juga menjadi salah satu indikator keberhasilan menjalani tes ini. Jangan pula membandingkan diri anda dengan pesaing yang lebih dulu atau lebih cepat mengerjakan soal tes psikologi.

Percaya Diri dan Berdoa

Terakhir, lakukan semua usaha di atas dengan sebaik-baiknya agar rasa percaya diri anda meningkat. Sebagai tambahan semangat, tak ada salahnya untuk tampil rapih pula. Kalau sudah begini, yang diperlukan juga adalah doa yang dipanjatkan ke Tuhan sehingga anda merasa damai dan tidak gugup menjawab soal tes psikologi ini.
Ada beberapa soal tes psikologi yang sering diajukan tim HRD. Yuk, baca info lengkapnya di link artikel berikut ini:
https://www.cekaja.com/info/soal-test-psikologi-hrd

No comments:

Post a Comment