Thursday, April 16, 2020

Awal Mula Munculnya Virus Corona


Source : shuttershock

Halo.
Apakabar? Semoga masih terus sehat Dan semangat. 
Corona oh corona, membuat orang sepecicilan Saya bertahan di rumah daripada terisolasi di rumah sakit. 

Virus Corona atau yang lebih sering disebut dengan istilah Covid -19 adalah merupakan salah satu virus yang mampu menginfeksi manusia. Menurut pendapat WHO (World Health Organization) penyakit yang disebabkan oleh virus covid -19 ini mampu menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti flu ringan sampai dengan yang paling berat adalah terjadinya infeksi saluran pernapasan yang akan berakibat pada penderitanya akan mengalami sesak napas. 

Virus Covid -19 ini memiliki sifat zoonosis. Maksudnya adalah penyakit yang sangat mudah ditularkan antara manusia ke manusia. Nama Corona sendiri sebenarnya diambil dari sebuah bahasa yakni bahasa latin yang memiliki makna mahkota. Hal ini dikarenakan virus ini memiliki bentuk paku yang menonjol serta sangat mirip dengan mahkota dan korona matahari. Menurut beberapa penelitian menjelaskan bahwa pada tahun 1937 para ilmuwan pada zaman dahulu untuk pertama kalinya melakukan isolasi virus ini karena mampu menyebabkan penyakit bronchitis yang sangat menular pada unggas. 

Dan dalam perkembangannya pada tahun 1965, disebutkan ada dua orang peneliti yakni Tyrell dan Bynoe disebutkan telah menemukan bukti berupa virus covid -19 yang ada pada manusia saat sedang flu biasa. Virus covid -19 merupakan salah satu virus yang masuk dalam subfamili coronavirinae yang masuk dalam keluarga coronaviridae. Dan dalam perkembangannya ada beberapa jenis virus dan proses penyebarannya sangat mudah. Hingga saat ini para dokter telah mengenali ada tujuh jenis virus tersebut yang mampu membuat infeksi pada manusia. Dan berikut ini adalah beberapa jenis virus covid -19: 

  • 229E (Alpha coronavirus).
  • NL63 (Alpha coronavirus).
  • OC43 (Beta coronavirus).
  • HKUI (Beta coronavirus).

Akhir Desember 2019 tahun lalu, muncul salah satu jenis baru yakni disebut SARS - CoV-2 yang sudah mulai beredar dan menyebabkan penyakit yang kemudian dikenal dengan istilah Covid -19. 

Virus Covid -19 untuk pertama kalinya muncul dan menyebar ke manusia dan pertama kalinya berasal dari Kota Wuhan di Cina. Dan menurut beberapa penelitian yang dilakukan pada pasien yang telah terinfeksi virus tersebut ternyata para pasien tersebut didapati telah mengunjungi pasar basah makanan lalu serta hewan local yang ada di Kota Wuhan. Dan dari sini kemudian para peneliti menyimpulkan bahwa virus ini berasal dari pasha basah tersebut yang berada di Wuhan. 

Dari beberapa berita yang didapatkan menjelaskan bahwa saat ini pasar tersebut sudah ditutup dan sudah di desinfeksi. Dan kondisi inilah yang kemudian menyebabkan kesulitan untuk menyelidiki hewan mana yang mungkin merupakan salah satu awal sumber virus tersebut. Akan tetapi, menurut beberapa penelitian kelelawar adalah merupakan sumber dari virus tersebut. Akan tetapi, beberapa sumber lain menyebutkan bahwa kelelawar tersebut kemudian menularkan virus pada hewan lain yakni seperti trenggiling dan kemudian hewan tersebut dikonsumsi oleh beberapa masyarakat di Cina. Dan dari sinilah kemungkinan terbesar virus tersebut menyebar dan menular pada manusia. 

Virus Corona dari beberapa penelitian disebutkan bahwa virus ini memiliki urutan sekuens genetic yang memiliki kemiripan hampir 88% yang dimiliki oleh virus yang ada pada kelelawar. Di atas adalah beberapa penjelasan mengenai awal mula munculnya dan sejarah dari adanya virus covid -19. Bagi Anda yang merasakan beberapa gejala seperti demam tinggi, flu, batuk kering, sakit tenggorokan sampai dengan diare segera lapor pada pihak kesehatan yang ada di daerah Anda. Sehingga Anda akan segera mendapatkan pertolongan yang tepat apabila memang terinfeksi virus tersebut. 

Stay save ya teman. Kalo ga perlu-perlu banget, mendingan di rumah, karantina diri sendiri Dan keluarga. Karena Kita ga pernah Tau status orang-orang yang Kita temui, OTG, ODP, PDP atau malahan positive Corona?
Stay save. Stay at home. 

No comments:

Post a Comment