Wednesday, January 27, 2021

3 Resep Nasi Liwet Menggunakan Magicom

pic source here 

Nasi liwet yang gurih akan semakin enak ketika dinikmati selagi hangat. Untuk lauknya bisa dengan sambal teri, telur dadar hingga ayam goreng. Beras yang diolah dengan santan dikenal sebagai nasi gurih atau nasi liwet. Nasi liwet telah dikenal di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Nasi liwet ini dimasak dengan kastrol dan beras dimasak dengan santan dengan api kecil hingga matang. Karenanya rasanya lebih gurih pulen dan harum. Membuat nasi liwet tidak harus memakai cara tradisional memakai kastrol. Untuk zaman sekarang nasi liwet juga bisa dimasak dengan magic com seperti memasak nasi biasa. Berikut beberapa resep nasi liwet magicom.

1. Nasi Liwet Teri Medan

Pertama kamu siapkan bahan-bahannya yaitu 300 gram beras, 400 ml santan encer, 2 buah cabai merah keriting, 4 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 batang serai, 1 lembar daun salam, ½ ikat daun kemangi, petai secukupnya, 50 gram teri medan dan penyedap rasa secukupnya.

Cara memasak:
Langkap pertama potong cabai merah keriting, bawang merah, dan bawang putih. Lalu, memarkan serai. Kemudian masukkan beras, santan, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, daun kemangi, petai dan teri medan. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa secukupnya, kemudian aduk hingga rata. Masak dengan magic com hingga matang. Sajikan dengan lauk pauk, sambal, dan lalap.

2. Nasi Liwet Ikan Asin Peda

Pertama kamu siapkan bahan-bahannya yaitu 250 gram beras, 3 ekor ikan asin peda, 4 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, cincang, 2 buah cabai merah besar, 2 lembar daun salam, 2 batang serai, air panas, garam, kaldu jamur, dan minyak goreng.

Cara memasak:
Pertama kamu cuci beras, tiriskan dan sisihkan. Kemudian cincang bawang putih, iris tipis bawang merah, iris serong cabai merah, dan memarkan serai. Lalu goreng ikan asin peda sampai matang. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga harum. Selajutnya masukkan beras, tumisan, serai, dan daun salam ke dalam magic com. Beri garam dan kaldu jamur secukupnya. Lalu tuang air sesuai porsi beras, lalu aduk rata. Setelah itu, nyalakan magic com dan tunggu hingga air nasi mengering. Aduk rata nasi, kemudian taruh ikan asin peda goreng di atasnya. Tutup kembali magic com dan tunggu sampai nasi benar-benar matang. Dan terakhir bisa disajikan dengan sambal, lalap, dan lauk lain sesuai selera.

3. Nasi Liwet Cumi Asin

Pertama siapkan bahan yaitu 400 gram beras, 500 ml air, 1 ons cumi asin, 2 siung bawang putih, 1 batang serai, 1 lembar daun salam, 4 buah cabai rawit merah, 2 sendok makan minyak goreng, ½ sendok teh kaldu bubuk, dan garam.

Cara memasak:
Pertama kamu cuci cumi asin dengan air hangat hingga bersih, potong-potong. Cuci bersih beras, kemudian masukkan ke dalam magic com dan tuang air. Selanjutnya geprek bawang putih dan memarkan serai. Setelah itu panaskan minyak, lalu tumis bawang putih, serai, dan cabai rawit merah. Lalu tambahkan cumi asin, aduk. Matikan api. Kemudian masukkan tumisan ke dalam magic com yang sudah berisi air dan nasi. Tambahkan kaldu bubuk dan garam secukupnya, aduk. Tutup, lalu nyalakan magic com dan tunggu sampai matang.

No comments:

Post a Comment