Friday, December 10, 2021

Kegiatan Bebersih Menyambut Tahun Baru

Bebersih Menyambut Tahun Baru


Kadang, memang manusia butuh suatu momentum untuk memotivasi atau meluangkan waktu melakukan kegiatan bebersih, seperti moment Tahun Baru.


Bagi sebagian orang, momen Tahun Baru memberikan arti untuk membuka lembaran yang baru, dengan semangat yang baru dan energi yang baru. 

Dengan memaknai semangat baru, entah mengapa mencambuk banyak Hal untuk dikonversi menjadi baru atau berbeda dengan sebelumnya. 


Untuk mencapai suasana dan semangat yang baru, kegiatan bebersih dan  decluttering bisa menjadi Salah satu opsi untuk dilakukan baik dengan suatu tujuan ataupun hanya untuk healing menghabiskan waktu. 


Lalu apa saja sih yang perlu kita lakukan untuk melakukan bebersih dan declutter menciptakan suasana yang baru? 


Simak point di bawah ya bestie!


1. Lakukan kegiatan bebersih dari ruangan yang terekspos yang sering digunakan untuk mobilisasi atau bersosialisasi. 

Bisa dimulai Dari teras, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar Dan terakhir diruang service Dan gudang. 

Jangan dibalik urutannya karena yang ruang terakhir akan menjadi PR akhir untuk penyimpanan. 

Ga lucu kan kalau ternyata dirigen berisi bahan bakar untuk Genset ketinggalan diatur sehingga diletakkan di ruang tamu :D.

Boleh diacak urutannya jika memang terbiasa rutin mengerjakannya sesuai jadwal. Misal minggu pertama, membereskan dapur. Minggu kedua, membereskan gudang. 


2. Tidak perlu memaksakan diri untuk menyelesaikan semua ruang dalam sehari.

Kalau dilihat memang hanya sekedar ruang, tapi kalau dijalanin, ya ampun... Di satu ruang saja ada banyak Hal yang perlu dilakukan sehingga memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk printilan-printilan remeh. 

Seperti misalnya di ruang tamu, Things to do nya : 

Membersihkan sofa (bisa dengan vacuum atau dengan perlakukan khusus lainnya).

Mengubah posisi Dan membersihkan bagian yang sebelumnya tidak terjangkau untuk dibersihkan.


3. Tentukan kegiatan dilakukan sendiri atau bersama dengan orang lain. 

Ada beberapa orang yang lebih suka melakukannya sendiri karena berkaitan dengan barang pribadinya Dan lebih mengerti cara memperlakukannya. Nilai memori menjadi Hal yang kadang memakan waktu, disamping tenaga Dan energi yang diperlukan untuk melakukan banyak Hal sendirian. Jika sendirian, kita sendiri bisa mengatur kapan mulai Dan kapan dianggap selesai Tanpa ada intervensi orang lain. 


Namun ada juga yang lebih suka dibantu oleh banyak orang untuk mengatur ulang Dan membersihkan semuanya. Tentunya jika banyak yang membantu, kita juga perlu memperhatikan suplai energi mereka dengan menyediakan biaya lebih untuk konsumsi Dan ucapan terimakasih. Jangan lupa, makin banyak orang yang terlibat, mereka akan 'bekerja' dengan gayanya masing-masing Dan bukan tidak mungkin, bisa mempengaruhi mood kita. 

Dua-duanya memiliki kelebihan Dan kekurangan. 


4. Persiapkan alat-alat kebersihan.

Sebelum melakukan kegiatan ini, pastikan semua Alat yang diperlukan tersedia. Minimal banget : kanebo/kain lap, sapu, pel, pengki, cairan pembersih. 

Jika banyak orang yang akan membantu, pastikan jumlah Alat per itemnya lebih Dari satu untuk mencegah yang lain berdiam diri karena menunggu Alat kebersihan. 

Selain Alat kebersihan, jaga lupakan plastik sampah untuk mengumpulkan sampah Dan tempat penyimpanan sementara (seperti misalnya kardus untuk meletakkan barang yang seharusnya di ruangan lain) 


Gimana, mulai tercerahkan atau malah mikir kok ribet aja? 

Ga ribet kok, mulai aja dulu. Namanya niat baik coba aja dilakukan dulu. 

Dalam beberapa Hal, bebersih menjadi kegiatan healing. 


Selamat bebersih dan beberes untuk menyambut semangat yang baru

No comments:

Post a Comment