Wednesday, February 21, 2018

MPASI Instan Bayi 7 Bulan Boleh Aja, Asal....

Weheartit

Masa yang paling indah bagi orang tua adalah ketika memiliki anak kecil atau bayi, karena dalam masa tersebut buah hati memang tengah lucu-lucunya, berbagai macam hal akan dilakukan untuk menunjang tumbuh kembang mereka secara baik, itulah mengapa orang tua akan sangat selektif dalam memilihkan sumber nutrisi yang tepat bagi mereka. 



Apalagi ketika sudah memasuki usia 6 bulan dimana buah hati tidak lagi cukup hanya dengan minum ASI atau susu formula, melainkan harus ditunjang dengan makanan pendamping. Dari usia 6, 7 hingga seterusnya asupan nutrisi mereka akan jauh lebih banyak lagi, makanan bayi 7 bulan ini tentunya berbeda dibandingkan dengan usia sebelumnya.

Biasanya memasuki angka tersebut mereka sudah bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan instan yang ada di pasaran. Orang tua kebanyakan memang lebih senang membeli yang praktis dibandingkan dengan produk yang membuat sendiri, karena memang terlalu repot. Alangkah lebih baiknya mencari yang sudah jadi di pasaran. Toh banyak diantaranya yang ditawarkan dengan nilai gizi seimbang, ditambah lagi dengan harganya juga tergolong murah.

Namun pastinya tidak boleh sembarangan dalam memberikan makanan bayi 7 bulan instan ini, harus mempertimbangkan berbagai macam hal agar dapatkan yang sehat dan juga enak, berikut ini diantaranya:

1. Cek komposisi bahan baku makanan tersebut, bahan-bahan pembuatan adalah bagian utama yang harus dilihat, apalagi tidak semua bagi toleran terhadap berbagai sumber makanan, tak jarang diantaranya yang memiliki resiko alergi terhadap beberapa jenis bahan tersebut. Untuk itu bunda juga harus lebih selektif dalam melihat komposisi bahan pastikan semuanya alami dan tidak ada yang menimbulkan reaksi allergen.

2. Belilah produk makanan untuk bayi yang masih layak pakai, artinya adalah belum masuk ke tanggal kadaluarsa. Hendaknya jangan membeli produk makanan yang sudah mendekati masa kadaluarsa juga, umumnya banyak diantara toko atau super market yang memberikan promo istimewa, namun setelah dicek ternyata makanan bayi tersebut hampir tidak layak pakai, hati-hati dengan hal ini.

3. Ketahui cara penyimpanannya yang tepat, biasanya setelah dibuka, maka makanan untuk bayi ini tidak bisa disimpan sembarangan, karena sangat rentan terkontaminasi dengan bakteri maupun jamur yang bisa memicu masalah pencernaan pada buah hati. Untuk itu harus tau bagaimana cara menyimpan yang benar agar tetap dalam kondisi higienis.

4. Lihat juga varian rasa yang disukai oleh si kecil, di usia 7 bulan mereka sudah bisa mencoba berbagai macam rasa makanan, jadi bunda bisa mulai memperkenalkan berbagai macam rasa. Biasanya rasa yang disukai akan membuatnya begitu lahap ketika makan, begitu juga sebaliknya. Ketika tidak disukai oleh buah hati biasanya tidak akan dihabiskan.

5. Lihat juga sarana penyajiannya, makanan instan ada yang memang siap konsumsi seperti diantaranya adalah biskuit, namun juga ada yang harus dibuat dalam beberapa bentuk makanan layaknya bubur terlebih dahulu baru bisa dikonsumsi oleh mereka. Jadi saran penyajian ini adalah bagian yang sangat penting untuk diperhatikan agar tidak salah dalam membuatnya nanti.

6. Pilih juga yang sesuai dengan usia, tidak semua makanan instan untuk bayi dibuat untuk semua usia, inilah yang patut diperhatikan, karena sangat berpengaruh terhadap pencernaan mereka, ada yang memang memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna, namun juga ada yang tidak.

Jadi jangan asal membeli makanan bayi 7 bulan instan.

No comments:

Post a Comment