Thursday, February 1, 2018

Tipskece Beli Genset Bekas Berkualitas

Weheartit

Paling kezel lagi deadline, eh listrik mati!
Mungkin sudah saatnya menggunakan genset untuk pasokan listrik yang lebih stabil. Nah, lebih memilih menyewa genset pada tempat sewa genset Kalimantan atau membelinya saja?

Untuk memilih membeli genset, pasti akan terpikir dengan harganya yang tidak murah. Genset baru memang memiliki harga yang lumayan menguras kocek. Berbeda dengan genset bekas yang harganya jauh lebih miring. Jika jeli, kita bisa mendapatkan genset bekas harga murah dengan kualitas yang tidak kalah bagus.

Memilih genset baru memang harus teliti sebelum membeli. Apalagi dengan genset bekas. Tentu harus lebih cermat lagi, bukan? Nah, jika ingin memiliki genset bekas namun berkualitas, ini dia tipskecenya.



Kenali merk dan sejarah genset

Ketahui terlebih dahulu genset yang  diincar, diproduksi tahun berapa dan jumlah jam jalannya seberapa banyak. Tanyakan juga, apa mesinnya pernah dioverhaul atau tidak. Jika ya, tanyakan siapa yang melakukannya. Hal ini dimaksudkan karena genset yang bagus tidak bisa dioverhaul oleh sembarang orang. Merk genset pun cukup memengaruhi keawetan dan ketahanannya. Biasanya, genset dengan merk Eropa lebih tahan banting. Namun jika tidak dirawat, sebagus apapun merknya akan pudar juga kekuatannya.

Selalu tes beban

Lakukan uji kinerja genset dengan cara tes beban. Jadi mintalah pada penjual untuk membuktikan genset tersebut siap digunakan dan mampu diberi beban, setidaknya hingga 80% kapasitas yang tertera pada genset. Jika perlu, lakukan tes beban kejut yang mensimulasikan beban listrik yang naik turun. Nah selama tes beban dilakukan, mintalah operator menaikkan beban perlahan-lahan. Perhatikanlah suara gensetnya, jika suaranya stabil, berarti kualitasnya baik.

Perhatikan asap gensetnya

Biasanya genset mengeluarkan asap hitam ketika beban pertama kali masuk atau naik mendadak. Ketika beban stabil, asap pun berubah jadi lebih terang. Jika tetap keluar asap hitam, itu pertanda bahwa mesin masih perlu diservis. Lihat pula temperaturnya. Mesin yang masih baik tidak melebihi 90-95 derajat Celcius pada beban maksimal.

Nah, coba dicerna baik-baik tipskece di atas. Kalo sudah yakkn, bolehlah dibayar genset idamannya :)

2 comments:

  1. Sepertinya aku juga perlu genset nih, soalnya kalau listrik mati jadi nggak bisa kerja. Soalnya pakai wifi kalau kerja xD

    ReplyDelete
  2. Sudah dicerna nih tipnya, nanti kalau udah punya budget baru dipraktekkan kalau mau beli genset :D

    ReplyDelete