Thursday, October 29, 2020

Tips Sehat Secara Rohani


Beberapa orang tidak tahu bahwa kesehatan manusia dinilai dari dua sisi, jasmani dan rohani. Namun mereka hanya fokus pada bagaimana menjaga tubuh atau jasmani mereka sehingga mengabaikan kesehatan rohaninya. Kesehatan rohani itu apa sih? Kesehatan rohani merupakan kesehatan emosi atau mental seseorang. Seseorang dapat dikatakan sehat secara fisik dan mental setelah melakukan beberapa assessment. Lalu bagaimana sih cara menjaga kesehatan rohani?

Meditasi
Meditasi itu apa? Apakah menyembah roh halus? Bukan meditasi adalah menenangkan pikiran atau mengistirahatkan pikiran dari keributan pikiran. Melakukan tarik nafas dan buang nafas secara berkala dalam ruangan yang hening dan memusatkan pikiran pada satu hal positif adalah bagian dari meditasi. Meditasi tidak melulu harus dilakukan di tempat yang indah seperti gunung atau pantai. Memang menyenangkan meditasi dengan suara alam yang menenangkan namun di kamar pun kamu dapat mengistirahatkan pikiran. Kenapa mengistirahatkan pikiran tidak cukup dengan tidur? Karena pikiran kita ini seperti benang kusut, ada insecure, overthinking dan lainnya. Kita perlu ruang dimana kita bisa berkontemplasi atau berbicara dengan diri sendiri tentang segala hal. Meditasi merupakan cara mengistirahatkan pikiran dari segala hal tersebut.

Traveling
Liburan adalah cara yang paling efektif untuk merecharge pikiran dari segala hal atau situasi tidak menguntungkan dalam hidup. Liburan memberikan energi positif sebelum memulai lagi. Saya pernah suatu ketika mengalami deg-degan yang tidak wajar. Saat itu memang saya terlalu fokus pada suatu hal dan mungkin agak membuat saya stress. Saat saya sampai di tempat liburan saat itu saya liburan ke Bali. Apakah kalian tahu apa yang terjadi pada diri saya? Tubuh saya merespon positif dan deg-degan itu hilang seketika. Sepertinya yang saya butuhkan memang liburan yang menyenangkan yang membuat saya senang dan merecharge pikiran.

Menulis
Siapa disini yang suka nulis kegiatan sehari di diary atau jurnal? Nah saya salah satunya. Saya suka membuat prosa pendek tentang segala hal yang saya rasakan. Saya menulisnya di notes handphone saya karena bisa menulis kapan saja dan membacanya ulang kapan saja. Kadang senyum sendiri kok bisa saya begini dulu tapi tidak mengapa karena segala hal yang kita lalui menjadi bukti bahwa selama ini kita telah berproses dan tentunya berproses menjadi yang lebih baik ya.

Lingkungan
Berapa orang teman yang kamu jaga sampai saat ini? Saya rasa mungkin tidak sampai 10 atau paling banyak tidak sampai 20. Kita mulai tahu siapa yang sekiranya pas sama pemikiran kita, obrolan dan lawakan yang kita ucap. Siapa yang ada saat kita berada dititik terendah, siapa yang mengulurkan tangan saat kita butuh bantuan dan siapa yang menanyakan keadaan kita tanpa kita minta. Tidak mengapa tidak berteman jika hanya menimbulkan perasaan insecure atau overthinking. Kenali dirimu agar sehat pikiranmu.

Beberapa cara tersebut saya lakukan agar tetap sehat secara rohani, saya tahu kalian pun memiliki cara sendiri untuk itu jadi share yuk agar aku juga tahu bagaimana cara kalian menjaga kesehatan rohani kalian!

No comments:

Post a Comment