Monday, February 21, 2022

Tips Memilih Sandal Wanita yang Nyaman

Pada awalnya sandal merupakan bentuk sederhana dari pelindung kaki. Bahan baku sandal bisa terbuat dari bahan kulit, plastic, karet, tali, jerami, logam atau ban bekas. Sandal diciptakan untuk alas kaki agar terhindar dari serangga beracun, batu tajam, padang pasir nan panas, hingga dinginnya salju.

Saat ini fungsi sandal telah berevolusi menjdi salah satu fashion item yang dapat menunjang penampilan. Begitu pula untuk sandal wanita, saat ini sudah terdapat berbagai model dan jenis sandal, seperti sandal flat, sandal berhak tinggi, sandal outdoor, dan sebagainya.

Sandal makin mudah dijumpai di pasaran. Kondisi ini tentu akan membuat Anda bingung dalam memilih. Agar kamu tidak bingung, kita akan bahas apa saja sih tips agar kita tidak salah memilih sandal Wanita khususnya. Memilih sandal berbeda dengan memilih sepatu,. Yuk intip tips berikut ini.

Pilih ukuran sandal yang lebih pendek dari ukuran panjang kaki kamu
Berita terbaru hari ini, pilihlah sandal yang sedikit lebih pendek daripada panjang kaki kamu. Lebih tepatnya, carilah sandal yang membuat tumit kamu sedikit lebih menonjol sekitar 2–3 mm. Hal ini akan membuat kaki kamu terlihat lebih cantik.

Orang-orang umumnya memilih sandal dengan panjang yang pas dengan tumit. Namun, sandal berbahan kulit akan merenggang saat digunakan dalam waktu lama. Hal ini akan membuat jari-jari kaki jadi menonjol keluar, apalagi jika sandal tersebut berhak tinggi. Karena itu, sandal yang sedikit lebih pendek akan lebih awet dan tidak membebani kaki.

Pastikan jari-jari kaki tidak keluar dari sandal
Namun berbeda dengan tumit, jari-jari kaki yang menonjol keluar dari sandal memberikan kesan yang tidak indah. Jari-jari kaki idealnya berada di sandal bagian dalam.

Patokan ukuran sandal yang ideal yaitu jari-jari kaki setidaknya berada 1 cm di dalam sandal. Dengan demikian, kamu tidak akan melukai jari-jari kaki dan dapat menjaga postur tubuh saat berjalan.

Cek lebar dan kenyamanan punggung kaki 
Tidak hanya bagian tumit dan jari-jari kaki, tetapi kamu juga perlu mengecek lebar kaki dan kenyamanan punggung kaki. Ada baiknya kamu memilih sandal dengan ukuran sedikit lebih kecil dibandingkan ukuran normal.

Sebisa mungkin pilihlah sandal yang memiliki ukuran pas dengan sedikit celah. Namun, jangan sampai kamu memilih sandal yang terlalu sempit juga. Ukuran sandal yang ideal juga dapat dilihat dari bahan sandal.

Sandal berbahan kulit cenderung merenggang saat digunakan sehingga kamu mesti memilih ukuran yang pas dengan kaki. Sementara itu, sandal yang terbuat dari bahan lain mungkin kurang cocok untuk kamu jika terlalu sempit atau menyakiti kaki. Saat mengenakan sandal, cobalah berjalan kaki beberapa langkah untuk mencari tahu apakah ada bagian sandal yang menyakiti kaki kamu.

Pastikan juga mengecek arch support
Setelah mengecek bagian tumit, jari kaki, dan bagian dalam sandal, kamu juga perlu mengecek bagian lengkungan insole sandal atau arch support. Sandal yang memiliki arch support yang buruk dapat menekan area kaki dan jari kaki, serta menyebabkan kestabilan sol berkurang.

Jika keseimbangan sol terganggu, ada kemungkinan kaki kamu akan mengalami masalah, seperti telapak kaki terasa menebal keras, cepat lelah, dan menimbulkan hallux valus (mata ikan). Oleh karena itu, kamu harus mengecek kenyamanan arch support, terutama jika kamu memilih sandal berhak tinggi.

Sandal berhak tinggi acapkali menyebabkan ketidakseimbangan pada telapak kaki kamu. Jadi, pastikan bahwa lengkungan di bagian solnya pas di kaki kamu dan tidak mengambang.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar kamu tidak salah memilih sandal dan sandal yang kamu pilih nyaman untuk digunakan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment