Tuesday, March 15, 2022

6 Tips Mencegah Alergi Kulit

photo taken from Unsplash

Saya tiba-tiba mengalami alergi pada kulit yang sebelumnya tidak pernah saya alami. Beberapa dugaan munculnya alergi mulai bermunculan di kepala saya. Apakah air yang kami gunakan terkontaminasi, apakah ada produk baru yang sebelumnya tidak pernah saya gunakan, makanan yang saya makan, minuman yang saya minum dan lainnya. Setelah melakukan konsultasi dengan dokter dan melakukan pengobatan saya akhirnya juga melakukan penanggulangan terhadap beberapa hal yang dapat memicu timbulnya alergi pada kulit. Hal yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Filter air
Air merupakan salah satu hal yang dapat memicu adanya alergi pada kulit. Musim penghujan dapat menjadi alasan tidak bagusnya kualitas air yang dialirkan. Oleh sebab itu saya akhirnya memutuskan menggunakan filter air pada setiap kran yang kami gunakan. Meskipun terlihat jernih dan bersih setelah memakai filter air saya jadi tahu bagaimana kualitas air yang kami gunakan. Filter air untuk kran dapat ditemukan di marketplace yang biasa kalian gunakan.

2. Antiseptik
Walaupun sudah menggunakan filter air, saya juga menggunakan antiseptik untuk mencegah adanya hal yang dapat memicu alergi pada kulit. Antiseptik merupakan double protection yang saya buat untuk melindungi agar air yang digunakan bebas dari bakteri.

3. Sabun
Setelah mengalami alergi pada kulit akhirnya saya mulai memperhatikan kandungan sabun yang saya pakai. Sabun badan yang saya pakai harus memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat melembabkan sehingga tidak membuat kulit kering. Banyak sekali pilihan sabun yang dapat dipilih pada e-commerce pilihan kalian dengan berbagai macam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Hal yang paling penting adalah kita harus membedakan antara sabun mandi, sabun tangan, dan sabun muka sesuai dengan kondisi kulit yang kalian miliki.

4. Handuk
Setelah memperbaiki kualitas air dan sabun maka selanjutnya yang harus diperbaiki adalah hal-hal lainnya yang berhubungan dengan sensitifitas kulit. Handuk merupakan salah satu yang dapat memicu terjadinya alergi. Setelah rutin mengganti handuk dua minggu sekali maka saya menggantinya menjadi satu minggu sekali.

5. Sprei
Selain handuk, sprei merupakan barang yang paling sering bersentuhan dengan kulit. Biasanya saya mengganti sprei satu bulan sekali untuk menjaga kebersihannya. Namun kebiasaan tersebut saya ganti dengan rutin menggantinya menjadi dua minggu sekali agar mengurangi adanya hal yang dapat menjadi pemicu alergi.

6. Jasa kebersihan
Untuk menjaga kebersihan yang ada di rumah, menggunakan jasa kebersihan pada sofa dan sprei merupakan salah satu hal penting yang dapat mengurangi alergi kulit. Membersihkan sofa dan sprei dapat menghilangkan tungau dan segala hal yang yang dapat menjadi pemicu alergi kulit.

Enam cara diatas merupakan beberapa kebiasaan yang saya ubah untuk mencegah dan mengobati alergi kulit yang saat ini sedang saya alami. Kalau kalian pernah mengalami hal serupa dan memiliki cara lain untuk mengatasinya, silakan cerita ya!

No comments:

Post a Comment