Monday, January 30, 2017

5 Kota Besar di Indonesia yang Paling Seru Dijelajah dengan Kereta Api



Sampai hari ini, kereta api masih menjadi salah satu moda transportasi massal yang disukai. Untuk urusan traveling, kereta api juga bisa menjadi pilihan asyik yang nyaman dan ramah biaya.
Teknologi pun membuat moda transportasi tersebut semakin mudah diakses, di mana, kita bisa memesan tiket kereta api online sekarang. Cukup mengunjungi situs resmi Kereta Api Indonesia atau mengandalkan online travel agen Traveloka di https://www.traveloka.com/kereta-api, kita tak lagi harus repot antri di loket untuk beli tiket ataupun khawatir kehabisan tiket saat ingin pergi kapan saja.

Baca juga : Bumil Travelling? Bisa! Ini Tipsnya

Pertanyaan yang harus dijawab sekarang adalah “Tujuan manakah yang paling asyik dijelajah naik kereta api?”. Nah, 5 kota besar dalam rekomendasi berikut adalah pilihan utama orang-orang yang sudah sangat candu menaiki kereta api.

Baca juga : 5 Tips Liburan Tenang Dan Damai

Jakarta

Sang ibu kota adalah destinasi yang menarik untuk disinggahi dengan kereta api. Alasan utama tentunya karena tarifnya lebih murah daripada naik pesawat. Selain itu, stasiun-stasiun utama kereta api di Jakarta juga sangat bagus, misalnya Stasiun Jakarta Kota (BEOS) dengan gaya klasiknya dan Stasiun Gambir dengan sentuhan modernnya.
Setibanya di Stasiun Gambir, Anda bisa langsung jalan kaki sebentar untuk jelajahi Monumen Nasional (MONAS). Dari sana, Anda bisa kembali berjalan kaki untuk menyambangi Museum Nasional, Galeri Nasional, dan Pasar Baru. Stasiun BEOS pun berada di kawasan legendaris Kota Tua, sehingga baru melangkah keluar stasiun saja Anda sudah bisa menjelajah sejarah Jakarta sepuasnya.
Mau keliling kota dari sana, tinggal pilih naik Transjakarta atau Commuter Line. Setelah puas menjelajahi ibu kota, Anda tinggal lanjut naik kereta api untuk singgah ke Bogor, Sukabumi, atau Bandung dalam hitungan jam!

Bandung

Bergeser 3 jam perjalanan kereta api dari Stasiun Gambir – Jakarta, kita akan tiba di kota Parahyangan, Bandung. Selama perjalanan dari Gambir – Parahyangan, kita akan disuguhkan pemandangan cantik dari jendela kereta api.
Kota Bandung menampilkan sisi yang lebih romantis dan kreatif dibanding Jakarta. Kota Bandung juga masih memiliki beberapa kawasan yang klasik, seperti Kebon Jati dan Jalan Braga. Mau menyejukkan diri di perbukitan yang alami, ada Dago dan Lembang yang siap menyambut. Jika ingin yang santai merakyat, namun berkesan, kita bisa singgah ke Alun-Alun Kota Bandung maupun berbagai taman tematik di sana. Selain itu, Anda pun bisa puas wisata belanja di kota ini.
Jika Anda membawa keluarga saat berlibur ke Bandung, Trans Studio Bandung adalah objek wisata yang paling tepat untuk dikunjungi. Untuk pilihan lebih unik lainnya, silakan menumpang KRD menuju Padalarang dan kunjungi Kota Baru Parahyangan yang menyediakan superblok hiburan dan hunian lengkap dengan jam matahari, pusat IPTEK, pusat rekreasi air, dan 4D theater-nya.

Yogyakarta

Destinasi berikutnya yang paling sering dikunjungi dengan kereta api, tentunya adalah Yogyakarta (Jogja). Mengunjungi Yogyakarta dengan kereta sangatlah pas untuk benar-benar merasakan aura membumi dari kota ini. Setiap stasiun kereta api di Jogja nampak begitu klasik dan masih dipenuhi sentuhan tempo dulu. Aktivitas orang-orangnya pun menjadi pemandangan khas yang asyik untuk dinikmati.
Keluar dari Stasiun Tugu misalnya, kita tinggal jalan ke belakang sedikit untuk menikmati angkringan Kopi Joss yang melegenda. Dari Stasiun Tugu, kita juga tinggal berjalan kaki untuk menelusuri kawasan Malioboro yang menjadi maskot utama wisata kota ini.
Berkeliling di sini saja, kita sudah bisa puas wisata kuliner dan wisata belanja dalam suasana yang masih sangat kental budaya lokalnya. Belum lagi kalau menyepi ke sisi selatan, kita bisa wisata bahari seharian dengan gugus pantai selatan yang luar biasa banyak pilihannya.

Baca juga : Tips Sederhana Saat Berlibur Ke Pantai

Surabaya

Untuk kawasan timur Pulau Jawa, Surabaya menjadi kota besar tujuan tertinggi. Kota ini selalu penuh diserbu saat mudik dan liburan. Bisnis, kuliner, pendidikan, belanja, dan wisata sejarah menjadi tujuan utama wisatawan ke Surabaya.
Kabarnya, PT KAI juga sedang menginisiasi kereta api cepat jurusan Jakarta – Surabaya yang hanya memakan waktu 5 jam perjalanan (biasanya kita butuh waktu 13 jam perjalanan kereta api untuk rute ini). Hal ini jelas membuat Surabaya semakin asyik buat dikunjungi naik kereta.
Di Kota Pahlawan ini, kegiatan paling seru adalah wisata sejarah dan wisata kuliner. Di sini, situs sejarah menjadi destinasi wajib kunjung, utamanya Tugu Pahlawan. Kita juga harus sempatkan waktu untuk bersantai di Taman Bungkul yang populer se-Asia Tenggara.

Malang

Selepas dari Surabaya, coba juga untuk lanjut naik kereta api ke Kota Malang. Dengan modal Rp40.000 naik kereta api kelas Ekonomi atau Bisnis, kita akan tiba di Malang dalam waktu 2 jam.
Sesampainya di Malang, langsunglah nikmati semangkuk bakwan Malang yang legendaris di dekat stasiun. Malang masih menjadi destinasi idola untuk keluarga. Di sini, terdapat objek wisata terkenal, seperti Jatim Park, Alun-Alun Kota Malang, hingga Kota Batu yang sejuk dan meriah dengan Batu Night Spectacular-nya.
Pecinta alam pun bisa menyepi ke Pulau Sempu dan berkemah sepuasnya. Bagi Anda suka basah-basahan, Malang punya deretan pantai yang eksotis serta air terjun yang sangat teduh dan menyegarkan. Sementara itu, bagi Anda yang suka menggenjot adrenalin, Malang siap memuaskanmu dengan objek wisata paralayangnya.

No comments:

Post a Comment