Wednesday, January 25, 2017

Tips Menu Diet Rendah Garam

pic source: Pinterest
Banyak sekali teori diet yang beredar dimasyarakat. Tetapi terkadang tidak semua jenis diet cocok atau bagus diaplikasikan ke diri kita. Beberapa diet yang sering kita dengar atau kita jumpai yang sempat booming adalah OCD dan diet mayo. OCD sendiri merupakan diet dengan menerapkan jendela makan dengan waktu bertahap yang akan menyesuaikan dengan kesanggupan kita sebagai pelaku diet. Berbeda dengan OCD yang menerapkan jendela makan dengan pilihan makan yang bebas, diet mayo membatasi asupan makan kita. Yang diperhatikan adalah no salt no sugar no fry and no worried, iya kan?

Nah pada jika anda sedang menjalani diet rendah garam, ada beberapa menu makanan yang bisa kita makan untuk dimasukkan dalam menu sehari-hari. Berikut ringkasannya:

Buah
Buah merupakan hal yang penting dalam menjalani diet. Buah menjadi menu sarapan wajib setelah sebelumnya bisa minum air lemon hangat setelah bangun tidur. Dengan membiasakan meminum air lemon hangat dan buah pada pagi hari, anda dapat memulai hari anda dengan segar dan menyehatkan.

Sayur
Sayur merupakan hal yang wajib dimakan ketika diet terlebih diet rendah garam. Memasak sayur untuk makanan ketika diet rendah garam itu mudah. Contoh makanan yang mudah dimasak adalah tumis kangkung. Bahannya cukup mudah seperti kangkung, bawang putih, merica, irisan Lombok, dan Himalayan salt atau garam dapur seujung kuku. Tinggal ditumis di teflon atau wajan anti lengket maka sepiring tumis kangkung bisa menjadi asupan makan siang anda. Untuk karbohidrat menyempurnakan kandungan asupan makanan anda, anda bisa menambahkan empat sendok oatmeals sebagai pengganti nasi.

Susu
Biasanya ketika sedang menjalani diet, beberapa orang menghindari susu. Tetapi anda tidak perlu ragu untuk meminum susu lagi, karena anda bisa meminum skim milk. Skim milk banyak dijumpai di supermarket dalam keadaan siap minum. Tetapi saya lebih merekomendasikan skim milk dalam bentuk bubuk karena dapat disimpan dalam waktu yang lama terlebih saya sebagai anak kos dengan fasilitas tanpa lemari es.

Olahraga
Beberapa orang mengatakan diet itu bergantung pada apa yang kamu makan atau apa yang kamu olah di dapur. Tetapi menurut saya, berhasil atau tidaknya diet rendah garam juga bergantung pada intensitas apa yang kalian keluarkan. Jadi kuncinya adalah seberapa besar input dan output yang dihasilkan. Olahraga dapat dilakukan dengan cara yang simple, seperti jalan memutari kompleks atau membersihkan rumah karena yang terpenting adalah bergerak jangan diam.

Cheating day
Sisihkan hari dimana pada hari tersebut anda bebas melakukan apapun dan memakan apapun tetapi dengan control yang baik. Misalnya menyisihkan hari minggu untuk tidak olahraga dan memakan makanan yang tidak boleh dimakan dihari lain seperti mie. Saya biasanya memakan mie dengan beberapa catatan misalnya membeli mie dari produsen yang concern terhadap kesehatan. Misalnya mengkonsumsi mie yang less fat sehingga ketika memakannya, kita tidak perlu khawatir makanan tersebut akan berdampak pada kesuksesan diet rendah garam yang dilakukan.

No comments:

Post a Comment