Friday, February 16, 2018

Ini 3 Rekomendasi Destinasi Wisata Budaya Kota Bandung

Selain dikenal akan keindahan alam dan udara sejuknya, Kota Bandung juga kerap dikunjungi karena wisata kuliner dan fesyennya. Namun tidak banyak orang mengenal wisata budaya Kota Bandung, yang cukup banyak tersebar di berbagai sudut kota. Tak kenal maka tak sayang, Anda yang ingin berkunjung ke kota tua ini wajib mengunjungi tempat budaya tersebut.

Namun, sebelumnya Anda sebaiknya cek harga tiket pesawat ke Bandung, agar bisa mengunjungi berbagai ragam budaya ini dengan lebih hemat.Nah, berikut ini 3 rekomendasi destinasi wisata budaya Kota Bandung yang bisa Anda sambangi.

Taman Budaya Dago Tea House
Source : mbandung
Kawasan Dago Tea House dipenuhi oleh pepohonan yang rindang, sehingga suasananya sangat asri. Sebelumnya Dago Tea House seluas 4 hektar ini hanya tempat makan khas masakan Sunda dan minum teh di restoran Bago Kuring. Namun, saat ini tidak hanya wisata kuliner saja yang disajikan karena tempat ini telah diubah menjadi Taman Budaya Provinsi Jawa Barat.

Di Taman Budaya yang merupakan cagar budaya ini, ini para wisatawan bisa menyaksikan budaya Sunda dan berbagai pentas kesenian. Anda pun bisa menyaksikan event dan pertunjukan di teater terbuka serta galeri seni, tempat Anda bisa mengenal berbagai kesenian tradisional Jawa Barat. Khusus di hari Minggu, terdapat pagelaran kesenian yang bisa Anda kunjungi. Di akhir tahun secara rutin diadakan pertunjukan Bajidoran.

Kampung Adat Cireundeu
Source : rajatourbandung
Kampung Adat Cirendeu yang berlokasi di Kelurahan Leuwi Gajah, Kecamatan Cimahi Selatan ini menjadi salah satu kampung adat yang masih menjaga kelestarian budayanya hingga kini. Selain alamnya yang tetap lestari, Anda bisa mengunjungi kampung ini untuk menyaksikan sejarah dan budaya Sunda. Hanya saja Anda harus mengikuti aturan untuk tidak memasuki kawasan hutan terlarang bagi wisatawan.

Kampung Adat ini bisa dikatakan sejajar dengan Kampung Naga di Tasikmalaya, Kampung Urug di Bogor, dan Kampung Dukuh di Garut. Masyarakat di Kampung Cireundeu ini sangat memegang teguh dan konsisten menjaga adat istiadat, budaya, serta kepercayaannya. Namun, tidak melawan perubahan zaman seperti teknologi.

Mata pencarian masyarakat di sini adalah bertani umbi dan ketela. Jadi jangan lupa membawa oleh-oleh berupa rasi atau beras singkong, opak, peuyeum, cimpring, dan makanan berbahan dasar ketela lainnya khas kampung ini.
Source : anekatempatwisata
Saung Angklung Udjo
Setelah jalan-jalan dari Cimahi, kita menuju ke arah kota Bandung. Saung Angklung Udjo merupakan kampung Sunda yang menawarkan berbagai aktivitas dan pendidikan budaya Sunda. Tempat ‘workshop’ budaya Sunda ini menampilkan pertunjukan dan pembuatan angklung, Guest House tempat pendidikan budaya Sunda, hingga penjualan suvenir.

Banyak wisatawan asing berkunjung untuk menikmati lantunan suara Angklung yang merdu ini. Sementara rombongan anak sekolah datang untuk belajar bermain Angklung, menari dan bernyanyi bersama. Selain Angklung, Saung Udjo juga menampilkan tarian tradisional dan wayang Golek, tari Topeng, Helaran, Angklung Orkestra, serta menari dan bernyanyi.

Setelah lelah bermain dan beraktivitas, Anda bisa menikmati sajian masakan khas Sunda di Saung dan dapur Udjo. Jadi di sini Anda betul-betul bisa menikmati suasana khas Sunda secara maksimal.
Nah, itulah 3 tempat yang dapat menjadi pilihan bagi wisata budaya dan edukasi bagi anak-anak di Kota Bandung. 

Bila Anda ingin mengunjungi Kota Bandung untuk menambah wawasan seni dan budaya, bisa memesan tiket pesawat murah melalui website dan aplikasi Airy. Melalui online travel agent ini Anda bisa mendapatkan harga promo terbaik untuk menghemat bujet perjalanan selama liburan. Dengan demikian, Anda bisa berwisata budaya di kota cantik ini tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

1 comment:

  1. Budayanya masih kental, ya? Menarik. Jadi pengen ke sana.

    ReplyDelete