Tuesday, December 8, 2020

Cara Hitung Usia Kehamilan dengan Akurat dan Tepat

Banyak wanita hamil merasa penting untuk mengetahui usia kehamilan mereka. Mengapa? Karena usia kehamilan bisa membuat ibu hamil mengetahui HPL (Perkiraan Tanggal Lahir). Sayangnya, tidak ada metode yang dapat memprediksi HPL secara detail. Jadi, bagaimana cara hitung usia kehamilan yang direkomendasikan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Menggunakan LMP Sebagai Acuan
Tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti kapan seorang ibu sedang berovulasi dan hamil. Alhasil, sebagian besar masyarakat termasuk pakar kesehatan akan menghitung usia kehamilan berdasarkan LMP (Last Menstrual Period) atau masa haid terakhir sebagai salah satu acuan.

Untuk mengetahui usia kehamilan Anda berdasarkan metode ini, cobalah mengingat kapan menstruasi terakhir Anda dimulai. Hari pertama LMP dihitung sebagai hari pertama kehamilan. Selain itu, Anda dapat memeriksa perkiraan hari kelahiran menggunakan kalkulator kehamilan. Bagaimana jika Anda tidak tahu tanggal haid terakhir atau jika siklus haid Anda tidak teratur?

Menggunakan Alat Scan
Menghitung usia kehamilan dengan metode LMP bekerja dengan baik hanya bila siklus menstruasi teratur dan menstruasi setiap 28 hari. Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau jika lamanya siklus menstruasi Anda berbeda-beda, metode LMP bisa sangat sulit diterapkan.

Jika demikian, Anda dapat menggunakan pemindaian ultrasonografi, atau disebut juga dating scan, untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang usia kehamilan Anda. Proses pemindaian dengan sonografi melibatkan pengukuran bayi dari kepala hingga anus. Cara ini disebut CRL (Crown Rump Length). Tes ini sangat direkomendasikan ketika LMP berusia antara 10 dan 13 minggu.

Kasus Kesalahan dan Hitung Usia Kehamilan
Ada banyak kasus dimana ibu hamil bingung mengapa kehamilan mereka terjadi hanya empat minggu setelah awal minggu kelima kehamilan. Bagaimana ini bisa terjadi? Misalnya, ketika seorang anak berusia 1 tahun, maka 1 tahun itu berlalu di tahun pertama.

Memasuki tahun kedua, bayi baru akan berusia 2 tahun selama 1 tahun berikutnya. Jadi, anak tersebut baru berusia 1 tahun, meski sudah memasuki tahun kedua. Ini juga berlaku untuk perhitungan kehamilan. Untuk lebih memahami, pertimbangkan perhitungan usia kehamilan berikut:

- Anda hamil 0 minggu di minggu pertama.
- Anda memasuki minggu kedua, Anda baru memasuki minggu pertama kehamilan.
- Anda berada di minggu ketiga, Anda berada di minggu ke-2 kehamilan.
- Anda memasuki minggu keempat, Anda baru memasuki minggu ketiga kehamilan.
- Anda berada di minggu kelima, Anda berada di minggu keempat kehamilan.

Pahami Hitungan Trimester
“Trimester” yang berarti tiga bulan. Sebagian besar masa kehamilan sekitar sembilan bulan dalam kalender. Setiap kehamilan dibagi menjadi tiga trimester. Trimester berguna untuk mendeskripsikan perubahan-perubahan yang terjadi selama kehamilan, misalnya:

- Pada awal kehamilan hingga minggu ke-14 (Trimester pertama). Selama periode ini, Anda biasanya merasa lelah dan mual.

- Pada minggu ke-14 hingga minggu ke 28 (Trimester kedua). Selama trimester kedua, Anda akan merasa lebih baik, tubuh Anda akan mulai mekar dan perut Anda akan mulai membesar.

- Pada minggu ke-28 hingga kelahiran bayi (Trimester ketiga). Selama periode ini, Anda akan merasa lelah karena membutuhkan energi ekstra untuk mempersiapkan persalinan.

Seperti itulah cara hitung usia kehamilan dengan akurat dan tepat. Selain menggunakan metode diatas, untuk dijadikan referensi dalam menghitung usia kehamilan, Anda juga bisa menggunakan kalkulator kehamilan online yang bisa Anda akses dengan mudah melalui halaman website klikdokter.com. 

No comments:

Post a Comment