Thursday, December 29, 2016

7 Tips Kece Liburan Keluar Negri


Wah 2017 sudah di depan mata. Kalender berisi jadwal hari-hari libur pun sudah ditangan.
Artinya?
Ayolahhh kita pergi berlibur.

Ke destinasi wisata dalam negri, boleh.
Ke luar negeri, juga boleh.

Kali ini saya mau share 7 tips kece liburan ke luar negeri.

#1 Siapkan dokumen

Untuk keluar negeri, paspor adalah dokumen wajib. Urus dari jauh-jauh hari, baik perpanjang atau urus baru. Prosesnya sih cepat, tapi tetep aja butuh waktu. Jangan sampe mepet-mepet. Ga mau kan semua hal sudah siap eh batal berangkat lantaran paspor visa belum kelar. Kelar liburan lo, bahkan sebelum dimulai!

#2 Alat komunikasi

Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai kartu SIM provider seluler yang murah meriah untuk sekedar apdet sosmed atau memberi kabar ke keluarga di tanah air. Pentinglah ini. Kalo mau tetep pake provider lokal Indonesia sih boleh aja, tapi jangan kaget sama tagihannya atau bentar-bentar isi pulsa. Bro sis, susah loh isi pulsa di luar negri. Atau mendingan sebelum pergi melancong, migrasikan pra bayar menjadi paskabayar untuk komunikasi tanpa batas.

#3 I understand, you understand, that's communication

Pelajari beberapa bahasa singkat negara yang kita tuju. Bawalah kamus percakapan umum turis. Kalo ke negara yang masih pake bahasa Inggris kayanya masih enak, masih laku kamus oxford. Nah kalo ke negara yang bahasanya selain Inggris, berkanji-kanji atau punya aksara/karakter sendiri, hmm perlu persiapan itu mah. Bawalah kamus, itu udah best effort!
Tapi sebenernya untuk ngomong bahasa selain bahasa kita, jangan pentingin grammar, meski bisa grammar will be better. I understand, what you said and vice versa, that we call communication. Meski gesture juga perlu dikerahkan kalo udah kepepet.

#4 Uang saku!

Nahhh ini penting banget juga. Kalo liburan ya kudu bawa uang saku, berupa uang cash. Gampang kok, bisa punya uang sekian langsung ditukerin ke mata uang negara tujuan lalu dipegang sebagai cash. Atau... nabung dari jauh-jauh hari di bank nasionalnya negara tujuan yang cabangnya di Indonesia. Jangan lupa cek pergerakan nilai tukar rupiah 2017 Sindonews. Iya, karena pergerakan nilai tukar rupiah itu sungguh dinamis, walau ga jauh-jauh amat, tapi lumayan bikin jantung ser ser. Efeknya ke banyaknya nominal yang bakalan kita tukerin. Jadi sering-sering cek pergerakan nilai tukar rupiah 2017 Sindonews.

#5 Tour travel atau backpacker

Dua dua nya boleh. Dua-duanya punya plus minus. Kalo pake tour and travel pastilah agendanya lebih terarah, kemungkinan untuk over budget lebih kecil karena ada ittinerarynya. Tapi kalo dibandingin ketengan backpacker, pastilah lebih mahal, kan nyewa tour guide supaya waktunya ootimal, kaga ada acara nyasar-nyasar atau luntang-lantung ga dapet hotel.
Sedangkan kalo backpacker, kita yang susun sendiri ittinerarynya, estimasi biayanya. Kalo pake nyasar, ya berarti ada biaya extra untuk naik taksi ke tempat semula, atau malahan biaya extra karena kena scam di kawasan tertentu. Banyak-banyak nonton scam city sebelum backpackeran.

#6 oleh-oleh

Hm hm hm... jangan terlalu terbebani pikiran dan bagasi dengan basa-basi orang-orang yang minta oleh-oleh, kecuali mereka emang nitipin uangnya untuk beli oleh-oleh dan juga bayar over bagasinya. Hahahaha. Ya beli seperlunya dan semampunya aja, jangan sampe over bagasi.

#7 Asuransi

Asuransi perjalanan, murah tapi kadang disepelekan. Asuransi ya fungsinya proteksi terhadap hal yang tidak diinginkan. Ya iya sih kita ga mau terjadi hal yang buruk, tapi kan siapa yang tahu? Membeli asuransi itu sih menurut saya, penting. Ingatlah bahwa keluarga tercinta menunggu kita di rumah.

Nah, simple kan? Sudah siap liburan ke luar negeri? Kalo saya pengen bangen ke Maldives lohh. Kalo kalian pengen kemana?

1 comment: