Saturday, February 18, 2017

5 Tipskece Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Weheartit


Liburan ke Pantai atau ke tempat-tempar panas, biasanya menyisakan oleh-oleh pasir, kulit eksotis (kalo 'rumus' berjemurnya pas :D) dan... kulit terbakar.

Udah pake tabir surya kok tetap aja kebakar? Hmm... sebenernya pake sunblock untuk menghindari sinar UV A, UV B tapi ya tetep aja kalo kebakar ya kebakar aja, alias gosyong ya gosyong aja.

Trus kalo memang kulit sudah terlanjur kebakar, harus gimana? Ganti kulit? Boleh aja, kalo kamu si ular putih nan cantik jelita. Hahaha.
Kalo kamu bukan si ular putih, cobain deh 5 Tipskece untuk mengatasi kulit terbakar matahari dengan bahan-bahan yang ga kamu duga ternyata bisa!




#1 Aloe Vera
Aloe Vera selama ini tenar banget untuk perawatan rambut. Tapi ternyata manfaat aloe vera oke juga untuk perawatan kulit normal, apalagi kulit terbakar matahari. Caranya gampang kok. Potong2 lidah buaya, belah sehingga gelnya terbuka, dioleskan ke bagian tubuh yang terbakar matahari, kamu akan merasakan nyaman banget karena gel/lendir lidah buaya meresap kedalam kulit dan menimbulkan sensasi dingin. Diamkan hingga kering. Ditinggal tidur tengkurep juga boleh kok sis ;).

#2 Kentang
Buah Kentang mentah ya. Bukan yang udah jadi French Fries di Fastfood berlogo M itu ya. Iris kentang menjadi beberapa slice lebar (bundar) lalu oleskan ke bagian yang terbakar secara perlahan. Atau bisa juga, kentangnya ditumbuk sehingga menjadi pasta atau kentang halus lalu ditempelkan di area terbakar. Biarkan hingga kering sempurna. Hmm biasanya sih dalam hitungan jam.

#3 Timun
Owalaahhh timun diserut dibikin es aja udah seger banget, ternyata bisa juga untuk mengatasi sunburn! Caranya sama seperti kentang, ditumbuk hingga menjadi pasta lalu ditempelkan di area terbakar sekitar 20menit, lalu cuci dengan air bersih.

#4 Yogurt
Kalo di rumah atau di hotel sama sekali susah nyari sayuran di atas, kenapa ga coba pake yogurt? Lebih gampang beli diminimarket loh. Caranya pun mudah. Cuci tangan yang bersih dengan sabun, oleskan ke area terbakar, diamkan 5-10 menit sampai terasa efek dingin kemudian cuci bersih dengan air. Kayanya lamaan ngolesinnya dibandingin didiamkan ke lukanya. Hahahahah.

#5 Madu
Pake madu ternyata juga bisa loh gaes. Caranya tinggal dioleskan, lalu dibiarkan mengering. Btw, madu itu luama banget keringnya loh, ya dibatasin aja 1-2 jam. Setelah itu bilas. Lalu ulangi 2-3 kali sehari sampai area terbakar terasa nyaman.

Jadi, kulit terbakar sudah bukan masalah dong? Boleh dipilih dari ke 5 tipskece itu mana yang gampang dilakukan.
So, sunburn ? I'm not worry :)

No comments:

Post a Comment