Monday, February 6, 2017

Ketahui Beragam Sumber Makanan Sehat Agar Hidup Bahagia


Setiap orang menginginkan hidupnya selalu berbahagia dan ceria bersama keluarganya. Banyak faktor yang bisa membuat orang bahagia, namun ada 1 faktor yang paling penting agar orang bisa bahagia yaitu sehat. Kalau Anda sehat maka Anda bisa melakukan apa saja yang diinginkan, namun jika Anda sakit maka Anda tidak bisa melakukan apa-apa bahkan tidak bisa tersenyum. Jadi mulai sekarang jagalah kesehatan Anda dengan menjalankan gaya hidup yang benar, makanan sehat dan bergizi, dan tentunya olahraga.

Gaya hidup yang benar seperti tidur tepat waktu dan tidak begadang yang bisa membuat tubuh menjadi lesu dan kurang bersemangat. Sedangkan olahraga memiliki manfaat untuk membakar sisa metabolisme sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan lancar. Untuk makanan yang dikonsumsi juga harus memiliki kandungan gizi cukup yang berasal dari sumber makanan sehat. Apa saja sumber makanan sehat, berikut ada 3 sumber makanan sehat yang harus dikonsumsi agar sehat dan hidup bahagia.

Sumber Makanan Karbohidrat

Sumber makanan sehat pertama adalah karbohidrat yang berperan utama sebagai sumber energi yang paling utama untuk tubuh sehingga otak bisa bekerja dengan maksimal jika karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh sudah cukup. Karbohidrat terbagi menjadi 2 yaitu karbohidrat baik dan karbohidrat yang harus dibatasi. Karbohidrat baik bisa diperoleh dari makanan dari susu, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran. Sedangkan karbohidrat yang harus dibatasi seperti nasi putih, permen, minuman bersoda, kue manis dan keripik kentang.

Sumber Makanan Protein

Sama halnya dengan karbohidrat, zat protein juga bisa berperan sebagai penghasil energi untuk tubuh. Selain itu, protein bisa membantu pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan tubuh, dan menyembuhkan bagian dalam tubuh yang sakit. Anda bisa menemukan sumber protein pada daging, telur, kedelai, ikan, unggas, kacang, dan keju.

Sumber Makanan Lemak

Terkadang ada orang berpikir bahwa lemak merupakan zat berbahaya yang harus dihindari masuk dalam tubuh. Padahal lemak punya fungsi dalam tubuh seperti menjaga struktur sel, membantu membran sel bekerja dengan baik, sebagai penyerap vitamin, dan bisa menjaga sistem imun. Walaupun punya fungsi dalam tubuh, Anda harus bisa membatasi konsumsi lemak agar tidak berdampak buruk pada tubuh. Makanan yang mengandung lemak baik seperti unggas tanpa lemak, minyak zaitun, dan ikan. Sedangkan makanan yang mengandung lemak jahat dan harus dihindari seperti burger, makanan cepat saji, dan sosis.

Untuk menyeimbangkan 3 sumber makanan sehat diatas, tentunya tidak mudah. Jadi Anda harus pintar mengatur pola makan sehingga 3 sumber makanan sehat bisa didapatkan oleh tubuh.  Untuk lebih mudah, Anda bisa cari makanan sehat di GorryGourmet yang selalu segar dan berkualitas untuk dikonsumsi sehari-hari.

No comments:

Post a Comment